Selasa 07 Jan 2020 19:30 WIB

Asrama Haji di Indramayu Dibangun Tahun Ini

Pembangunan asrama haji di Indramayu untuk pemerataan.

Asrama Haji di Indramayu Dibangun Tahun Ini. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.
Foto: Kemenag
Asrama Haji di Indramayu Dibangun Tahun Ini. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemprov Jabar dan Kementerian Agama bersepakat membangun asrama haji di Kabupaten Indramayu. Pembangunan tersebut akan dimulai tahun ini.

"Asrama haji sudah diputuskan di Indramayu, untuk pemerataan pembangunan Jawa Barat. Tahun ini sedang dibangun. Mudah-mudahan tahun depan, 2021 baru bisa. Sedangkan pada 2020, asmara haji Bekasi masih akan digunakan," kata Uu, Selasa (7/1).

Baca Juga

Wagub Uu menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara Embarkasi/Demarkasi Haji 2020 dari Menteri Agama Fachrul Razi, Selasa. "Saya mengucapkan syukur alhamdulillah, perjuangan yang sangat panjang," kata Uu di Terminal Keberangkatan BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Ini luar biasa, karena jamaah haji Jawa Barat jumlahnya besar, termasuk untuk umrah. Harapan kami, juga sudah mengarahkan ke para Kepala Kemenag Kabupaten/ Kota untuk mengajak masyarakat umrah lewat BIJB Kertajati," ujarnya.

 

Menurut Uu, SK tersebut menggambarkan BIJB Kertajati sudah memenuhi semua syarat untuk jadi Embarkasi/Debarkasi Haji. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan BIJB Kertajati sudah siap dan layak digunakan sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji 2020.

Dia juga mengingatkan kepada pengelola BIJB Kertajati bahwa GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei. "Alhamdulillah hari ini kita putuskan bersama kalau BIJB akan kita gunakan sebagai lapangan Embarkasi/Debarkasi Haji 2020," ucapnya.

Fachrul berharap BIJB Kertajati semakin terkenal setelah menjadi Embarkasi/Debarkasi Haji 2020. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, kuota jamaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 orang.

Jumlah ini tergabung dalam 97 kelompok terbang (kloter). Dengan menggunakan jenis pesawat Boeing 777 bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

"Inilah saat yang ditunggu-tunggu Muslim Jabar, penetapan BIJB Kertajati sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement