Rabu 18 Mar 2020 18:07 WIB

Jangan Lewatkan Pahala Shalat di Masjid Quba Madinah

Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW.

Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW.
Foto: Republika TV/Syahruddin El-Fikri
Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW. Setelah pembangunan masjid ini selesai, Rasulullah SAW selalu mengimami shalat di masjid bersejarah itu selama 20 hari.

Setiap hari Sabtu, Senin, dan Kamis, Rasulullah selalu mengunjungi masjid ini. Yaitu, masjid yang dibangun pertama kali dengan tangannya sendiri.

Baca Juga

Shalat di Masjid Quba memiliki keutamaan. Menurut hadis yang diriwayatkan Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah.”  

Dalam Alquran pun hal yang sama diungkapkan, tepatnya pada surah At Taubah ayat 108. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa “.… Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”  

Saat ini, Masjid Quba memiliki 19 pintu dengan tiga pintu utama yang ukurannya lebih besar. Dari tiga pintu ini, dua pintunya diperuntukkan keluar masuk jamaah laki-laki dan satu pintu untuk jamaah perempuan. 

Selain tempat untuk melakukan shalat berjamaah, banyak fasilitas lain yang ada dalam masjid ini. Salah satunya adalah tempat untuk belajar mengajar tentang Islam. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement