Besok Calhaj Asal Sumsel Mulai Lakukan Pelunasan BPIH Besok

Rabu , 18 Mar 2020, 20:40 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Pelunasan BPIH tahap pertama akan berakhir pada 17 April.
Pelunasan BPIH tahap pertama akan berakhir pada 17 April.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG— Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) untuk jamaah haji reguler pada 2020 segera dimulai dan akan dibuka pada 19 Maret 2020.

 

Terkait

Kakanwil Kementerian Agama Sumatra Selatan melalui Kasubag Humas, Saefudin Latief, di Palembang, Rabu (18/3), mengatakan berdasarkan pernyataan Direktur Pengelolaan Dana Haji untuk pelunasan tahap pertama dibuka pada 19 Maret hingga 17 April 2020.

Baca Juga

Sementara tahap kedua dimulai 30 April hingga 15 mendatang untuk mengantisipasi bagi yang belum sempat melunasi.

Selain calon jamaah haji reguler pada waktu yang sama juga dapat melunasi petugas haji daerah, dan pembimbing ibadah kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIH). 

Menurut dia, pelunasan dapat dilakukan setiap hari kerja dengan waktu pembayaran untuk Indonesia Bagian Barat pukul 08.00-15.00 WIB.

Sementara Indonesia Bagian Tengah pukul 09.00-16.00 WITA, dan Indonesia Bagian Timur pukul 10.00-17.00 WIT.

Memang mulai tahun ini, kata dia, selain datang langsung ke bank penerima setoran awal (BPS), pelunasan juga bisa dilakukan secara non teller melalui internet dan 'mobile banking'. 

Namun, katanya, sebelum pelunasan, jamaah yang berhak melakukan pelunasan biaya haji dan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit. Sebab keterangan istitha’ah secara kesehatan, menjadi salah satu syarat dalam melakukan pelunasan, tambah dia.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini