Selasa 07 Apr 2020 16:34 WIB

Khasiat Kacang Arab Bagi Kesehatan

Berbeda dengan kacang lainnya, kacang Arab ternyata rendah kalori.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Manfaat Kacang Arab Bagi Kesehatan. Foto ilustrasi kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.
Foto: Pixabay
Manfaat Kacang Arab Bagi Kesehatan. Foto ilustrasi kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.

REPUBLIKA.CO.ID,Kacang Arab telah dikenal umat manusia selama lebih dari tujuh ribu tahun. Kacang yang merupakan jenis pistachio itu biasa jadi buah tangan bagi jamaah haji dan umroh asal Indonesia.

Tak hanya terasa lezat, kacang Arab mengandung banyak manfaat. Ada kandungan lemak baik, protein, serat dan antioksidan di dalamnya. Selain dikonsumsi langsung, kacang Arab juga jadi pelengkap makanan penutup seperti es krim. Berikut manfaat kacang Arab seperti dilansir dari Healthline Media pada Selasa, (7/4).

1. Banyak nutrisi

Kacang Arab kaya nutrisi bagi kesehatan tubuh. Dalam satu onsnya mengandung 159 kalori, 8 gram karbohidrat, 3 gram serat, 6 gram protein, 13 gram lemak baik. Ini masih ditambah lagi kandungan potasium, fosfo, vitamin B6, tiamin dan magnesium.

 

2. Tinggi antioksiden

Antioksidan sangat penting bagi kesehatan manusia dan kacang Arab mampu menyuplainya. Antioksidan manfaat dalam mencegah kerusakan sel dan mencegah kanker. Dibanding jenis kacang dan biji-bijian lain, kacang Arab mengandung lebih banyak antioksidan. Hanya kacang walnut dan pecans yang bisa menyaingi kadar antioksidan dalam kacang Arab.

3. Rendah kalori

Mengonsumsi kacang memang mengandung manfaat kesehatan, tapi kacang biasanya tinggi kalori. Hal ini berbeda dengan kacang Arab yang ternyata rendah kalori. Dalam satu onsnya, kandungan kalori hanya 159. Tentu ini lebih rendah dari kandungan kalori di kacang walnuts (185) dan pecans (193).

4. Kaya protein

Berdasarkan penelitian, 20 persen dari komposisi kacang arab berupa protein. Tingginya protein kacang Arab hanya kalah dari kacang Almond.

Kadar asam amino kacang Arab juga tinggi melebihi kacang lainnya. Konsumsi makanan mengandung asam amino penting karena tubuh manusia tak bisa memproduksinya sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement