Komunitas Sepeda Jeddah Gabungkan Olahraga dan Wisata

Rabu , 14 Oct 2020, 12:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Komunitas Sepeda Jeddah Gabungkan Olahraga dan Wisata
Komunitas Sepeda Jeddah Gabungkan Olahraga dan Wisata

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah grup bersepeda Arab Saudi menandai Bulan Olahraga Nasional Malaysia dengan tur keliling di distrik bersejarah Al-Balad Jeddah. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Konsulat Malaysia di Jeddah, Ahad (18/10) nanti.

 

Terkait

Kelompok bersepeda ini bernama Jeddah Wheels dan didirikan pada 2015. Pendirinya bernama Hassan Ghandoura, berusia 52 tahun.

Baca Juga

"Apa yang membuat kami berbeda dari grup bersepeda lainnya adalah kami merupakan tim wisata olahraga rekreasi dan juga grup amal," katanya dilansir di Arab News, Rabu (14/10).

Tujuan dibentuknya kelompok ini adalah mendorong penggunaan sepeda dalam semua kegiatan harian. Untuk bagian pariwisata, mereka memanfaatkan agenda bersepeda dengan memasuki tempat-tempat bersejarah.

Semua gang dan distrik Jeddah rencananya akan dilewati mereka. Tak hanya itu, tempat-tempat yang menampilkan landmark lama Jeddah juga akan menjadi tujuan bersepeda.

“Tentu saja, kegiatan ini juga memiliki manfaat kesehatan dan kebugaran," kata dia.

Ghandoura mengatakan kelompok tersebut ingin berpartisipasi dalam perayaan olahraga Malaysia dengan perwakilan dari konsulat.

Jeddah Wheels memiliki 1.000 anggota, dengan 35 pesertanya ikut pada kegiatan Ahad (18/10) nanti. Perjalanan mereka akan dipisah, sejalan dengan tindakan pencegahan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Kerajaan Saudi.

Ghandoura menyebut bersepeda memiliki tempat istimewa di hati warga Jeddah. Mengayuh pedal bisa menjadi aktivitas pariwisata yang populer.

“Jeddah merupakan wilayah yang mempesona dan tujuan wisata yang indah. Daerah ini telah memperoleh banyak kelompok pengendara sepeda dari segala usia dan jenis kelamin. Olahraga ini juga memiliki tempat khusus untuk Jeddawis," lanjutnya. Dia berterima kasih kepada departemen lalu lintas dan polisi atas kerja sama mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini