Senin 02 Nov 2020 07:51 WIB

Istana Bersejarah Raja Abdul Aziz di Desa Laynah

Istana berusia 85 tahun ini dianggap sebagai salah satu situs sejarah utama

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
Istana Raja Abdul Aziz
Foto: Arab News
Istana Raja Abdul Aziz

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Istana bersejarah Raja Abdul Aziz adalah kastil dari batu bata lumpur, batu, dan tanah liat seluas 4.000 meter persegi di desa Laynah, pemukiman tertua di Arab Saudi utara.

Dibangun setelah penyatuan Kerajaan untuk dijadikan markas besar emirat di wilayah tersebut. Istana berusia 85 tahun ini dianggap sebagai salah satu situs sejarah utama negara karena warisan dan bentuk arsitekturalnya.

Dilansir di Arab News, Ahad (1/11) disebutkan, Istana tersebut merupakan kediaman Raja Abdul Aziz di pinggiran Kerajaan, dan digunakan untuk mengelola pengembangan wilayah perbatasan utara. Tulisan arkeologi menceritakan sejarah dan tahun pembangunannya. Setiap sudut dari keempat pilarnya menampilkan menara melingkar dengan gerbang kayu besar.

Istana berisi beberapa ruangan untuk keluarga dan tamu, serta masjid, sumur tua dan halaman yang luas. Kota Laynah telah mengembangkan warisan kota dan menciptakan sejumlah fitur arsitektur yang menjadi ciri desa. Desa ini adalah rumah bagi situs sejarah dan arkeologi penting dan lebih dari 300 sumur, yang beberapa masih beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement