Senin 09 Nov 2020 09:53 WIB

Lima Muslim Amerika yang Berhasil Raih Kursi di Pemilu

Lima muslim tersebut berhasil jadi anggota parlemen di tiga negara bagian AS

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Madinah Wilson-Anton
Foto: About Islam
Madinah Wilson-Anton

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON — Dalam pemilu yang digelar di Amerika Serikat, sejumlah sejarah tercatat. Salah satunya terkait muslim Amerika yang berhasil menduduki kursi parlemen.

Laporan dari Huff Post menyebutkan bahwa lima kandidat dari Partai Demokrat telah membuat sejarah menjadi anggota parlemen Muslim di lima negara bagian AS, yaitu Wisconsin, Florida dan Delaware. Lima pemenang tersebut diantaranya adalah Mauree Turner, yang terpilih di House of Representatives, Oklahoma. Kemudian ada Iman Jodeh yang terpilih menjadi anggota parlemen Muslim Pertama dalam sejarah Colorado. Madinah Wilson-Anton menjadi anggota Kongres AS sekaligus Muslim pertama yang menjadi bagian dari legislatif Negeri Paman Sam.

Selanjutnya, Samba Baldeh menjadi Muslim sekaligus pria kulit hitam pertama yang mewakili House of Representatives, Wisconsin. Christopher Benjamin, anggota House of Representatives, Florida dan orang pertama yang dipilih untuk jabatan negara bagian di Sunshine State.

“Menjadi Muslim pertama yang terpilih di majelis negara bagian sungguh menyenangkan. Tapi juga kesempatan yang saya syukuri, " ujar Baldeh kepada HuffPost, dilansir About Islam, Ahad (8/11).

 

Baldeh mengatakan tugasnya tak hanya untuk mewakili konstituen saya tetapi juga Muslim, Afrika, dan konstituen kulit berwarna.

Selain lima Muslim yang disebutkan di atas, anggota kongres Muslim Rashida Tlaib dari Michigan dan Ilhan Omar dari Minnesota juga mempertahankan kursi untuk Kongres dalam pemilu AS tahun ini. Mereka bersiap untuk kembali bertugas selama empat tahun ke depan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement