Selasa 10 Nov 2020 12:03 WIB

Jejak Keramahan Presiden Rusia Vladimir Putin Kepada Islam

Sadar akan kebesaran Rusia, Putin selalu ramah kepada Muslim

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan hadiah istimewa berupa mushaf Al-Qur’an tertua di Rusia.
Foto:

kesekian kalinya Putin yang gemar olah raga belad diri itu mengutip ayat Alquran dalam pidatonya. Kali ini, Putin yang beragama Kristen itu tanpa sungkan mengutip ayat Alquran dalam upacara memperingati Hari Persatuan Nasional Rusia pada 4 November lalu. 

 
Ayat ini sendiri menjelaskan tentang perbuatan baik seseorang nantinya akan diganjar dengan balasan baik. Dalam  QS asy-Syura ayat 23 Allah SWT berfirman:
 

ذَٰلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۗ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ وَمَنْ

يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

"Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahp pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan". Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." Putin juga mengutip Surah al-Nahl ayat 128; 

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan."

Kepedulian Putin kepada Muslim khususnya kepada Indonesia ketika dalam tayangan video di Youtube dia tertawa kala dalam rapat kabinet 2017  menteri pertanian Rusia melaporkan akan meningkatkan eskpor daging babi ke Indonesia. Katanya, itu janggal sebab Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Kepedulian lain Putin kepada Indonesia terjadi saat dia berkunjung ke Indonesia. Dia tercengang ketika lagu Sunda (Panon Hideung) yang sangat populer diperdengarkan. Dia tak percaya bila lagu tersebut iramanya berasal dari lagu rakyat Rusia, Ochi Chernye, dan syairnya kemudian diubah oleh seniman legendaris Ismail Marzuki.

"Bagaimana lagu Rusia Ochi Chernye sampai ke Indonesia,'' kata Putin saat kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada tahun 2007 lalu.

Nah, di situlah kemudian terbukti bila Putin disamping punya postur tubuh yang mengesankan dan kekar dia ternyata sosok lembut hati, khususnya lembut hati kepada Muslim yang di zaman rezim komunis Uni Sovyet dahulu dianggap musuh negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement