Ahad 15 Nov 2020 05:03 WIB

Pengusiran Muslim dan Yahudi Usai Perang Salib di Portugal

Jejak penguasa Kristen sewaktu perang salib mengusir Yahudi dan Muslim dari Portugal

IHRAM.CO.ID, IHRAM.CO.ID, Lisbon, Portugal - Setelah melarikan diri dari perang di Irak asalnya, Mustafa Abdulsattar yang berusia 33 tahun mempertaruhkan nyawanya dalam perjalanan perahu berbahaya dari Turki ke Yunani.

“Saya menemukan banyak kata umum,” dia menjelaskan sebelum mulai mendaftarnya. Beberapa berhubungan dengan makanan, yang lainnya berhubungan dengan kota atau daerah. Kemudian ada ungkapan "oxala" (diucapkan oshallah), keturunan langsung dari bahasa Arab "inshallah". Keduanya berarti "Insya Allah".

Tidak ada lagi orang asing

Tidak heran jika pengaruh bahasa Arab masih dapat ditemukan dalam bahasa Portugis. Selama berabad-abad, wilayah tersebut diperintah oleh Muslim berbahasa Arab yang dikenal sebagai Moor.

Pada abad ke-8, Muslim berlayar dari Afrika Utara dan menguasai apa yang sekarang disebut Portugal dan Spanyol. Dikenal dalam bahasa Arab sebagai al-Andalus, wilayah tersebut bergabung dengan Kekaisaran Umayyah yang berkembang dan makmur di bawah pemerintahan Muslim. Namun warisan itu sebagian besar telah dilupakan di negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik.

Di sekolah-sekolah Portugis, lima abad pemerintahan Muslim dipelajari hanya secara singkat. Buku teks lebih menekankan pada kemenangan "penaklukan kembali" wilayah oleh penguasa Kristen, dibantu oleh tentara salib, yang berakhir pada abad ke-13.

Sejak saat itu, identitas Portugis dibangun untuk melawan bangsa Moor, yang secara historis digambarkan sebagai musuh. Tapi tidak semua orang setuju dengan versi sejarah ini.

 

“Sebagian besar penduduk masuk Islam,” jelas Filomena Barros, profesor Sejarah Abad Pertengahan di Universitas Evora.

Penelitian menunjukkan bahwa pada abad ke-10, setengah dari populasi semenanjung Iberia adalah Muslim.

Bagi Barros, Muslim yang berlayar dari Afrika Utara tidak lebih asing dari raja dan tentara Kristen dari Eropa utara yang menaklukkan wilayah itu sebelum dan sesudah mereka.

“Semenanjung Iberia terus ditaklukkan,” katanya. Menariknya kita tidak berbicara tentang penaklukan Romawi, atau penaklukan Visigoth, tapi kita selalu berbicara tentang penaklukan Islam.

Sebelum tentara Muslim tiba, wilayah tersebut diperintah oleh Visigoth, orang Jerman yang memerintah antara tahun 418 dan 711 M.

Keterangan foto: Jejak masa lalu Islam Portugal masih dapat ditemukan [Marta Vidal / Al Jazeera]

 

Buku teks sejarah menekankan pertempuran yang dilakukan oleh penguasa Kristen melawan Muslim, tetapi kekalahan tentara Muslim tidak berarti mengakhiri kehadiran Muslim di Portugal.

Sesampai di Yunani, dia ditawari pemukiman kembali di Portugal, negara yang hanya sedikit dia ketahui. Tapi dia bisa menemukan beberapa ciri yang sudah dikenalnya.

"Penaklukan kembali oleh orang Kristen tidak berarti Muslim kembali ke tanah mereka, karena tanah ini adalah milik mereka juga," kata sejarawan itu.

Saat ini, bagaimanapun, kurang dari 0,5 persen dari populasi 11 juta adalah Muslim, dan hanya sedikit yang menyadari bahwa Muslim pernah menjadi proporsi yang jauh lebih besar dari populasi.

“Apa yang diajarkan di sekolah selalu diajarkan dari sudut pandang [pemenang],” kata Noor-ayn Sacoor, 30 tahun. Lahir di Portugal dari orang tua keturunan India dan Arab, Sacoor adalah anggota komunitas Muslim Lisbon.

Dia ingin kurikulum sekolah mencakup lebih baik tentang periode panjang hidup berdampingan antara Muslim, Kristen dan Yahudi, yang sering diyakini sebagai alasan mengapa wilayah tersebut makmur sebagai pusat budaya dan sains.

“Saya berharap ada lebih banyak fokus pada warisan yang ditinggalkan oleh pemerintahan Muslim, itu tidak terlalu terkenal di Portugal,” dia merefleksikan.

 

sumber : Al Jazeera.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement