Rabu 18 Nov 2020 06:50 WIB

Indonesia Naik ke Peringkat 4 Global Islamic Economy

Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 atau naik kelas dari peringkat 5 tahun 20

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima penyerahan The State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2020/2021 dari lembaga research Dinar Standard secara virtual, Selasa (17/11). Dalam laporan tersebut, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 atau naik kelas dari peringkat 5 tahun 2019 dan naik dari peringkat ke 10 di tahun sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Wapres mengaku optimistis ekonomi Islam di Indonesia dapat terus berkembang, baik secara nasional maupun global.

"Saya bersyukur, karena di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, peringkat Global Islamic Indicator Indonesia menurut SGIE Report 2020/2021  berhasil menduduki peringkat ke-4, naik kelas dari peringkat 5 tahun 2019 dan naik dari peringkat ke 10 di tahun sebelumnya," ujar Ma'ruf dalam sambutan usai penyerahan.

Selain kenaikan peringkat, menurut laporan SGIE Report 2020/2021, peranan ekonomi Islam di  Indonesia juga menunjukkan kemajuan yang pesat, tak hanya konsumsi produk halal di Indonesia tapi juga peranan inovasi di bidang ekonomi Islam mulai dari sektor Makanan, Fesyen, Kosmetik, Farmasi, Pariwisata, Keuangan Perbankan dan Media Rekreasi.

Dalam laporan SGIE 2020/2021 ke semua sektor di atas merupakan sektor yang jadi bahan penilaian peringkat Islam global Indikator.

"Indonesia masuk kategori negata 10 besar dalam masing-masing sektor tadi," ungkapnya.

Selain itu, masih dalam laporan, Indonesia juga dilaporkan telah membuat kebijakan yang menumbuhkan ekosistem yang dibutuhkan untuk memberikan peluang bagi tumbuhnya ekonomi Islam dengan disertai berbagai insentif yang mempermudah dunia industri dan investasi di Indonesia di bidang infrastruktur, produk dan jasa halal.

Karena itu, Ma'ruf meminta agar kenaikan peringkat ini dimaknai dengan tetap melanjutkan dan memperkokoh ekosistem ekonomi Islam Indonesia sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai produsen halal dunia dan penggerak ekonomi nasional.

Apalagi, diperkirakan beberapa sektor ekonomi Islam akan mengalami pemulihan kembali di akhir tahun 2021 bahkan mungkin bisa terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Saya berharap, capaian ini juga akan menjadi penyemangat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam merealisasikan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement