Selasa 01 Dec 2020 20:01 WIB

Penyaluran Bantuan UMKM di BRI Manado Capai 45 Persen

Dana bantuan sebesar Rp 2,4 juta telah disalurkan kepada 116.000 penerima.

Penyaluran Bantuan UMKM di BRI Manado Capai 45 Persen (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Penyaluran Bantuan UMKM di BRI Manado Capai 45 Persen (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,MANADO -- Penyaluran bantuan langsung tunai kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di BRI Kanwil Manado telah mencapai 45 persen hingga akhir November 2020.

"Dana bantuan sebesar Rp2,4 juta tersebut telah disalurkan kepada 116.000 penerima atau sebesar 45 persen dari total 213.000," kata kepala BRI Kanwil Manado Rudy Andimono, di Manado, Selasa (1/12).

Dia meningkatkan pelayanan tentunya dengan menambah loket, karena banyaknya penerima yang harus antre membuka rekening. "Selain di semua kantor BRI menerima pelayanan pencairan bantuan untuk UMKM, khusus di BRI Kanwil Manado menyiapkan satu lantai khusus melayani program ini," katanya.

BRI ditugaskan untuk melakukan penyaluran dana bantuan UMKM akibat pandemi Covid-19, akan dilaksanakan sebaik mungkin. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi salah satu bank yang ditunjuk untuk menyalurkan bantuan produktif usaha mikro sejak diluncurkan pada 24 Agustus 2020.

BRI menjadi mitra utama pemerintah dalam implementasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dia mengatakan khususnya pada krisis 1998, CAR perbankan tergerus hingga minus sehingga banyak bank yang disuntik modal, tetapi pada saat itu UMKM tetap berjalan. Pada Covid kali ini, dengan fokus pencegahan penularan, mau tidak mau ada pembatasan atau social distancing yang cukup menghantam UMKM.

Rudy mengatakan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam melayani nasabah. BRI Kanwil Manado membawahi Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement