Kamis 17 Dec 2020 16:21 WIB

PM India Hadir Lagi di Universitas Muslim Algarh Pasca 1964

Modi mengirim pesan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Subarkah
Perdana Menteri India Narendra Modi. (ilustrasi)
Foto: AP/Manish Swarup
Perdana Menteri India Narendra Modi. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  NEW DELHI -- Perdana Menteri Narendra Modi akan menjadi tamu utama pada perayaan seratus tahun Universitas Muslim Aligarh (AMU), Selasa (22/12) nanti. Kehadiran PM Modi dalam kegiatan daring ini dikonfirmasi Pejabat Hubungan Masyarakat (PRO) AMU, Omar Saleem Peerzada.

Kehadiran PM Modi dalam acara itu disebut akan didampingi oleh Menteri Pendidikan Serikat, Ramesh Pokhriyal Nishank.

Kehadiran PM India ini merupakan pertama kalinya dalam program Universitas Muslim Aligarh. Acara tersebut akan diadakan secara daring karena adanya pembatasan akibat menyebarnya virus covid-19.

Terakhir kali seorang perdana menteri yang menjabat mengunjungi universitas untuk menghadiri sebuah acara adalah pada tahun 1964. Ketika itu, PM Lal Bahadur Shastri menyampaikan pidato pertemuan di sana.

"Wakil rektor sangat berterima kasih kepada Perdana Menteri dan Menteri Pendidikan yang telah meluangkan waktu dari jadwal sibuk mereka untuk menghadiri perayaan tersebut. Ini adalah hari yang penting bagi universitas," ujar Peerzada dilansir di //DNA India//, Kamis (17/12).

Media //Times of India// sebelumnya mengutip pernyataan seorang pejabat senior AMU yang mengatakan kehadiran PM Modi akan mengirimkan pesan yang kuat kepada fungsionaris BJP, yang terus menyerang institusi tersebut.

Tahun lalu, protes terhadap Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan menyebabkan reaksi keras terhadap pemerintah. Para sarjana universitas secara vokal dan lantang menentang kasus kekerasan terhadap perempuan di UP dan mendukung protes petani yang sedang berlangsung di Delhi.

Didirikan sebagai Muhammadan Anglo-Oriental College pada tahun 1875 oleh Sir Syed Ahmad Khan, institusi ini kemudian berganti nama menjadi Universitas Muslim Aligarh pada tahun 1920. Peresmian pengubahan nama sebagai universitas dilakukan pada tanggal 17 Desember tahun itu.  

https://www.dnaindia.com/india/news-modi-to-be-first-pm-to-attend-an-aligarh-muslim-university-event-since-1964-2862497

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement