Selasa 22 Dec 2020 02:35 WIB

Penutupan Penerbangan, Jamaah Umrah Batal Berangkat

Saudi memutuskan menutup perbatasan darat dan menangguhkan penerbangan internasional

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Ibadah Umroh di Masa Pandemi
Foto: BNPB Indonesia
Ibadah Umroh di Masa Pandemi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Penutupan penerbangan di Arab Saudi menyebabkan batalnya pemberangkatan jamaah umrah dari Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi), Syam Resfiadi.

"Pasti (umrah dibatalkan), namun pribadi (travel Patuna) saya belum ada," kata Syam pada Senin (21/12).

Baca Juga

Dia mengatakan, beberapa agen travel lain dari Sapuhi ada yang membatalkan perjalanan umrah. Di samping itu, travel miliknya, Patuna, masih belum membuka kantor perjalanan. Syam mengatakan, rencana awal Patuna akan dibuka pada Januari, namun akan diundur hingga Februari.

"(Kami) masih mencari waktu yang pas agar tidak memberatkan jamaah, juga kami dalam melayaninya," ucap Syam.

Otoritas Arab Saudi memutuskan menutup perbatasan darat dan menangguhkan penerbangan internasional selama satu minggu. Keputusan itu diambil setelah ditemukannya jenis virus Covid-19 baru di Inggris.

Seorang sumber dari Kementerian Dalam Negeri Saudi menyebut larangan baru itu bisa saja diperpanjang selama satu pekan lagi. Bagi semua pihak yang telah tiba di Arab Saudi dari negara-negara Eropa maupun negara-negara lain tempat virus Covid-19 baru muncul, harus mengisolasi diri di rumah selama dua minggu. Sedangkan masyarakat yang mengunjungi negara-negara itu dalam tiga bulan terakhir perlu menjalani tes Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement