Kamis 24 Dec 2020 09:40 WIB

BSM dan Muhammadiyah Sinergi Bangun PAUD di Bali

Dana bantuan akan digunakan untuk pembangunan gedung sekolah baru

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: A.Syalaby Ichsan
Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna menyapa nasabah pada hari pelanggan di digital branch Thamrin, Jakarta, (3/9). Mandiri Syariah terus melakukan digitalisasi layanan termasuk tampilan dan bisnis proses di digital branch, tarik tunai tanpa kartu ATM, pembukaan rekening online melalui smartphone, dll. Foto: Tahta Aidiila/Republika.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna menyapa nasabah pada hari pelanggan di digital branch Thamrin, Jakarta, (3/9). Mandiri Syariah terus melakukan digitalisasi layanan termasuk tampilan dan bisnis proses di digital branch, tarik tunai tanpa kartu ATM, pembukaan rekening online melalui smartphone, dll. Foto: Tahta Aidiila/Republika.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meningkatkan sinergi dengan Persyarikatan Muhammadiyah dengan membangun Sekolah PAUD. Bantuan senilai Rp 700 juta digunakan untuk pembangunan renovasi gedung sekolahan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Dalung di Kuta Utara, Denpasar, Bali.

Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna menyampaikan Mandiri Syariah dan Muhammadiyah mempunyai perhatian yang sama dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Ini menjadi bagian dari komitmen Mandiri Syariah dalam mewujudkan perusahaan yang pro people, pro planet, pro profit dalam hal keberlangsungan kebermanfaatan."Bantuan ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Indonesia," katanya dalam keterangan pers, Kamis (23/12).

Selain kesehatan, pendidikan di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang diwujudkan dengan adanya sarana prasarana pendidikan yang dimulai di level PAUD. Diharapkan kualitas hidup pun akan lebih baik.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Sukma Dwi Priardi sebagai Area Manager Mandiri Syariah kepada Ir. Takwalin M.PD.I Pimpinan Wilayah Aisyiyah Bali sebagai Pengurus PAUD Aisyiyah. Turut menyaksikan secara virtual Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna, Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat Rizqi Okto Priansyah dan RCEO VI Mandiri Syariah Surabaya Gunawan Arief Hartoyo.

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Aisyiyah, Nadya Rusydah Mahiroh mengatakan dana bantuan akan digunakan untuk pembangunan gedung sekolah baru, perluasan area sekolah yang saat ini memiliki luas 100 meter persen. Pembangunan direncanakan akan dilakukan penambahan lima ruang kelas dengan kapasitas masing-masing 20 siswa dan penambahan area Taman Pendidikan Al Quran (TPA)."Selain itu serta penambahan ruang serbaguna yang difungsikan untuk kegiatan pendidikan masyarakat di lingkungan desa Dalung dan sekitarnya," kata dia.

Bantuan pendidikan yang diberikan oleh Mandiri Syariah ini memberikan angin segar untuk ekosistem pendidikan di wilayah Kuta Utara tersebut. Berdasarkan data BPS, jumlah Muslim di Kecamatan Kuta Utara mencapai 7,15 persen atau 9.307 jiwa, dengan penduduk range usia 0-4 tahun sekitar 715 jiwa. Sementara hanya ada satu PAUD Islam di Perumahan Dalung Permai yang hanya dapat menampung 68 orang siswa dikarenakan jumlah kelas yang minim. Selama ini, sekolah terpaksa banyak menolak permohonan orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya disini karena adanya keterbatasan ruang sekolah.

Dia menegaskan, pilihan lain selain PAUD ini hanyalah PAUD non muslim di lingkungan Dalung. Selain keterbatasan jumlah kelas, sarana dan prasarana PAUD Aisyiyah pun terbilang sangat minim. Hal ini dikarenakan kemampuan sekolah dalam mendapatkan dana pengembanan sekolah yang hanya bersumber pada iuran sekolah sebesar Rp 150 ribu per bulan per siswa itu pun dengan sistem subsidi silang.

"Alhamdulillah, dengan kondisi tersebut kami masih dapat membantu membebaskan 10 siswa dari kewajiban membayar iuran karena kondisi orang tua siswa yang kekurangan," kata dia.

Untuk itu sekolah sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan dari Mandiri Syariah. Dengan adanya bantuan ini diharap kegiatan ajar mengajar akan lebih maksimal melakukan syiar dakwah melalui pendidikan kepada siswa didik dan masyarakat sekitar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement