Rabu 20 Jan 2021 10:01 WIB

Muslimah India Kumpulkan Dana untuk Kuil Ram Ayodhya

Musiimah India serukan pengumpulan dana untuk kuil Ram Ayoddya

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Subarkah
Kuil Ram di Ayodhya.
Foto: Google.com
Kuil Ram di Ayodhya.

IHRAM.CO.ID, VIJAYAWADA -- Penyelenggara Tahera Trust, sebuah lembaga misi yang tidak biasa, Zahara Begum, mengajak sesama anggota komunitas Muslim menyumbangkan dananya untuk pembangunan kuil agung bagi dewa Hindu Dewa Ram di Ayodhya.

Dilansir di Deccan Chronicle, Rabu (20/1), ia mengenang masa-masa dimana semua komunitas, termasuk Muslim, mengerahkan segala upaya untuk mendukung saudara dan saudari Hindu mereka dalam mengorganisir 'Pooja' untuk Vinayaka Chavithi, Dasara dan Ram Navami dengan menawarkan sumbangan. Hal ini dilakukan dalam semangat dan tradisi India yang sejati, dan kaya akan 'Bhinneka Tunggal Ika'.

Dia lantas mengimbau komunitas Muslim untuk bergerak dengan kemurahan hati dan bekerja sama dengan segala cara yang memungkinkan, termasuk memberikan donasi, untuk membantu pembangunan kuil Ram di Ayodhya dengan semangat yang sama seperti sebelumnya.

She appealed to Muslim community to come forward generously to cooperate in all possible manners, including offering donations, towards the construction of Ram temple at Ayodhya in the same spirit.

Keterangan Foto: Zahara Begum. Dia mengimbau komunitas Muslim untuk maju dengan murah hati untuk memberikan donasi, menuju pembangunan kuil Ram di Ayodhya.

 
Zahara mengimbau sesama Muslim yang menyumbangkan uang melalui Nidhi Samarpana, selama program Nidhi Sekarang untuk pembangunan kuil Ram di Ayodhya, murni atas dasar sukarela. Bagi Muslim yang ingin memberikan donasi, bisa mulai menyumbang dari 10 rupee India.

 

Lebih lanjut, ia mengenang selama bertahun-tahun bekerja dengan beragam desa, yang tak jarang lokasinya sangat terpencil. Meskipun beberapa di antaranya telah berkembang pesat selama dekade terakhir, ia memperhatikan di hampir semua desa, umat Hindu telah menyumbangkan tanah untuk pembangunan masjid, idgah dan juga untuk kuburan bagi komunitas Muslim.

"Non-Muslim telah menyumbangkan sebagian besar tanah pertanian atas kemauan mereka untuk umat Islam. Tidak hanya memberikan tanah, umat Hindu juga membantu membangun masjid, Idgah dan kabarastans (kuburan)," kata dia.

Ia juga merasa diberkati karena berada di negara di mana Lord Ram lahir. Ia merasa beruntung sebuah kuil suci akan dibangun selama masa ia hidup. Lord Ram disebut telah mengajarkan 'Dharma' sebagai cara hidup dan teladan bagi seluruh dunia.

“Mari kita berkumpul dan berpartisipasi dalam aktivitas ilahiah ini dan membantu dalam pembangunan kuil Ram yang besar di Ayodhya dengan hati terbuka,” lanjutnya.

India disebut sebagai negara yang penuh dengan spiritualitas, memiliki warisan yang kaya, lingkungan multi-tradisional, multi-budaya, bahkan multi-bahasa. Hal ini berbeda dengan negara lain di seluruh dunia.  

https://www.deccanchronicle.com/nation/in-other-news/190121/muslim-woman-raising-funds-for-ram-temple-in-ayodhya.html

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement