Jumat 22 Jan 2021 02:25 WIB

25 Adab Perjalanan Haji Menurut Syekh Muhammad Zakariyya

Segeralah tunaikan haji jika fasilitas dan keperluan sudah terpenuhi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
25 Adab Perjalanan Haji Menurut Syekh Muhammad Zakariyya. Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)
Foto:

13. Berdoa Keluar Rumah

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Apabila seseorang membaca "Bismilahi tawakaltu alallah la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim." Maka dikatakan kepadanya. "Kamu akan mendapatkan jalan untuk mencapai maksudmu, kamu akan dijaga dan setan jauh darinya".

14. Memilih Seorang Pemimpin

Pilihlah seorang pemimpin dari rombongan itu sendiri yang mempunyai keagamaan yang kuat, berpengalaman, penyabar, rajin dalam setiap pekerjaan, dan mempunyai sifat tawadhu. 

15. Memulai Perjalanan pada Kamis

Di dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW suka memulai perjalanan pada Kamis.

16. Doa Naik Turun Kendaraan 

Apabila kendaraan itu menyewa atau milik sendiri, maka lebih baik melakukan perjalanan pada sebagian malam dan permulaan pagi hari kiamat dan beristirahat pada siang hari. Rasulullah SAW bersabda, "Pilihlah perjalanan pada waktu malam karena pada waktu malam bumi dilipat, yakni perjalanan ditempuh dengan cepat."

17. Waspada di Tempat Peristirahatan 

Hendaknya berhati-hati di tempat persinggahan, yakin dengan memberikan tanggung jawab kepada satu atau dua orang secara bergantian untuk menjaga barang. Bila beristirahat pada malam hari sebaiknya secara bergantian pula dengan satu atau dua orang berjaga. Dengan cara seperti itu diri dan harta barang akan terjaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement