Komunitas Muslim Blackburn Salurkan Bantuan bagi Tunawisma

Senin , 15 Feb 2021, 14:31 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Desain masjid baru yang akan dibangun di Jalan Blackburn, Bolton, Inggris
Desain masjid baru yang akan dibangun di Jalan Blackburn, Bolton, Inggris

IHRAM.CO.ID, BLACKBURN -- Komunitas Muslim di Blackburn, Inggris, mengulurkan bantuan bagi para tunawisma selama musim dingin. Dalam cuaca musim dingin yang ekstrim saat ini, para tunawisma semakin menghadapi kesulitan. Karena itulah, para sukarelawan dari sekolah Islam Blackburn menggagas 'program tunawisma'.

 

Terkait

Anggota Madrasah Zeenatul Qur'an mengatakan mereka ingin terlibat dengan orang-orang di jalanan. Kepala Madrasah Zeenatul Qur'an, Maulana Faruk Patel, mengatakan bahwa masyarakat menghadapi tantangan baru di tahun ini. Namun, cuaca musim dingin selalu sulit bagi para tunawisma.

Hal itulah yang menurutnya menjadi dasar yang sangat penting bagi mereka untuk tetap mengulurkan bantuan ketika mereka membutuhkan dukungan lebih dari sebelumnya. Apalagi, kata dia, populasi tunawisma di Inggris sangat rentan terhadap dampak dari pandemi virus corona.

"Orang yang tidur di jalan hampir 17 kali lebih mungkin menjadi korban kekerasan. Lebih dari satu dari tiga orang yang sulit tidur itu telah dengan sengaja dipukul atau ditendang atau mengalami bentuk kekerasan lain saat menjadi tunawisma," kata Patel, seperti dilaporkan Lancashire Telegraph, dilansir di laman About Islam, Senin (15/2).

Patel meyakini bahwa amal dimulai dari rumah. Itulah sebabnya mereka selalu siap membantu orang-orang yang membutuhkan di seluruh Inggris.

"Kami memberi makan para tunawisma, merawat lansia, membantu pengungsi, menanggapi keadaan darurat di seluruh negeri dan melakukan segala yang kami bisa untuk menjadikan Inggris tempat yang aman dan bahagia untuk hidup bagi kita semua. Tetapi kami tidak dapat melakukan semua ini tanpa dukungan dermawan Anda," tambahnya.

Islam memang mendorong umatnya untuk memperlakukan tetangga dengan cara yang lembut yang mencerminkan semangat Islam yang benar sejati. Islam sendiri mencontohkan aspek tolerannya, terutama dengan orang-orang dari agama lain.

Hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan komunitas Muslim di Inggris sejak merebaknya pandemi Covid-19. Di Norwich, misalnya, sebuah restoran Muslim lokal membagikan makanan hangat secara gratis kepada yang membutuhkan.

Sementara pada Desember 2020, Masjid Rose Lane bekerja sama dengan The East Anglian Bangladesh Trust dan St Martins Housing Trust menyediakan 120 makanan setiap pekannya untuk para tunawisma.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini