Selasa 23 Feb 2021 23:29 WIB

Pemkab Kapuas Hulu Bentuk Posko Siaga Karhutla

Karhutla itu akan di terpantau langsung oleh pusat melalui satelit.

Pemkab Kapuas Hulu Bentuk Posko Siaga Karhutla (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO
Pemkab Kapuas Hulu Bentuk Posko Siaga Karhutla (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PUTUSSIBAU -- Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu,Kalbar, mendirikanposko siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk mengantisipasi Karhutla di daerah tersebut.

"Kami sudah bentuk posko siaga Karhutla dan juga mengimbau semua kecamatan dan desa untuk siaga Karhutla," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu Gunawan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (23/2).

Menurut Gunawan, posko siaga Karhutla itu bersinergi dengan tim gabungan seperti TNI, Polri, Sat Pol PP, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) serta komunitas penanggulangan bencana lainnya.Menurut dia, dalam antisipasi Karhutla, Pemkab Kapuas Hulu juga melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah dibentuk di beberapa kecamatan atau desa yang rawan karhutla.

"Kami akan melakukan pemadaman langsung jika terjadi Karhutla nanti dengan melibatkan unsur teknis terkait yang ada di kecamatan, dengan upaya yang akan kita lakukan ini nantinya kita berharap bisa meminimalisir dampak Karhutla jika nanti terjadi," ucap Gunawan.

 

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk bersama-sama menjaga agar tidak terjadi Karhutla, dengan tidak membakar lahan tanpa ketentuan, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran di sekitar kawasan hutan dan lahan.

"Karhutla itu akan di terpantau langsung oleh pusat melalui satelit, jadi ini tidak main-main, apalagi instruksi langsung dari Presiden Jokowi yang juga di bahas melalui ralat secara virtual bersama presiden," kata Gunawan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement