Anggota DPR: Vaksinasi Jamaah Haji Harus Jadi Prioritas

Rabu , 03 Mar 2021, 10:22 WIB Reporter :Febrianto Adi Saputro/ Redaktur : Esthi Maharani
Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.
Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Arab Saudi mewajibkan calon jemaah haji 2021 divaksinasi Covid-19. Wakil Ketua DPR Ace Hasan Syadzily pun meminta agar pemerintah Indonesia menindaklanjuti kebijakan dengan cara memprioritaskan vaksinasi untuk para calon jamaah haji.

 

Terkait

"Kebijakan ini harus diikuti pemerintah Indonesia dengan memprioritaskan calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat tahun ini untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19," kata Ace kepada Republika, Rabu (3/3).

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, Komisi VIII DPR RI telah meminta kepada Kementerian Kesehatan RI agar calon jemaah haji tahun 2021 mendapatkan prioritas untuk dilakukan vaksinansi Covid-19. Komisi VIII DPR rencananya akan memanggil Menteri Agama (Kemenag) untuk membahas penyelenggaraan haji tahun 2021.

"Dalam masa persidangan ini, kami akan agendakan untuk segera membahas penyelenggaraan haji tahun 2021 dengan terlebih dahulu memprioritaskan vaksinasi bagi calon jemaah haji," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Arab Saudi mewajibkan kaum Muslim yang hendak beribadah haji memberikan bukti bahwa mereka telah divaksinasi Covid-19. Saat ini, negara tersebut sudah memulai program vaksinasi.

"Vaksinasi akan menjadi syarat utama untuk berpartisipasi (ibadah haji)," kata Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq al- Rabiah, seperti dilaporkan surat kabar Saudi, Okaz, dikutip laman Middle East Monitor, Selasa (2/3).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini