IHRAM.CO.ID, KUALALUMPUR--Perusahaan AirAsia Malaysia telah memulai pasar digital dengan membuka e-commerce khusus bisnis ramah Muslim yang diberi nama, Ikhlas. Langkah ini dijelaskan menjadi salah satu upaya untuk mendifersivikasi atau penganekaragaman bisnis.
Dilansir dari Salaam Gateway, toko online itu menjual berbagai kategori produk termasuk makanan kemasan, makanan, suplemen kesehatan, pakaian, dan produk kecantikan untuk umat Muslim. Hal ini dijelaskan perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, Senin (15/3).
Toko online Ikhlas ini dikatakan berada di bawah naungan AirAsia Digital yang sebelumnya direncanakan diluncurkan pada Oktober tahun lalu. Sebelumnya, mereka pertama kali mengatakan akan merencanakan layanan ramah Muslim pada Juni 2020.
AirAsia juga memulai layanan pengiriman makanan pada Mei tahun lalu, yang dikatakan bulan lalu berencana untuk memperluas ke lebih banyak negara bagian Malaysia dan kota-kota besar di kawasan itu. Layanan ini adalah bagian dari aplikasi super utama perusahaan.
Maskapai berbiaya rendah itu telah terpukul parah oleh pandemi Covid-19 yang masih membatasi perjalanan udara. Kondisi ini membuat pihaknya harus merumahkan 300 karyawan pada bulan Juni dan memangkas 10 persen dari 24 ribu tenaga kerjanya pada bulan Oktober.
Pada bulan Januari Grup AirAsia mulai mengumpulkan hingga sekitar Rp 1,6 triliun dana segar yang akan disalurkan terutama untuk melindungi pasokan bahan bakar, biaya modal kerja umum, serta sewa dan pemeliharaan pesawat.