Selasa 16 Mar 2021 19:33 WIB

Swedia Ikut Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Swedia mengikuti jejak negara eropa lain seperti Jerman, Prancis, hingga Spanyol

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani
vaksin AstraZeneca COVID-19
Foto: Jung Yeon-je /Pool via AP
vaksin AstraZeneca COVID-19

IHRAM.CO.ID, STOCKHOLM — Swedia dilaporkan mengikuti sebagian besar negara Eropa untuk menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca Covid-19. Berdasarkan laporan, Badan Kesehatan Masyarakat Swedia sedang menunggu penyelidikan oleh Badan obat-obatan Eropa.

"Keputusan itu adalah tindakan pencegahan," kata kepala ahli epidemiologi Swedia Anders Tegnell dikutip Associated Press, Selasa (16/3).

Swedia menjadi negara kesekian yang menunda dan menangguhkan penggunaan vaksin tersebut. Jerman telah mengambil tindakan serupa Selasa ini, sebelumnya, Prancis, Republik Irlandia, Italia dan Spanyol juga dikabarkan termasuk di antara negara-negara yang menangguhkan penggunaan vaksin tersebut.

AstraZeneca adalah satu dari tiga vaksin yang digunakan di benua Eropa. Tetapi, ada kekhawatiran yang meningkat untuk upaya vaksinasi Uni Eropa. Khususnya, karena kekurangan vaksin, dan ketertinggalannya yang jauh dari Inggris serta Amerika Serikat dari segi jumlah.

Meski vaksin AstraZeneca mulai mengalami gelombang penangguhan, sebagian besar negara Asia tetap mengabaikan kekhawatiran tentang efek AstraZeneca. Hal itu juga dilakukan Thailand, yang menerima suntikan awal di negara itu Selasa ini.

“Ada orang yang khawatir, tapi kita harus percaya pada dokter, percaya pada profesional medis kita.” kata PM Thailand Prayuth Chan-ocha setelah vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement