Rabu 17 Mar 2021 11:37 WIB

Kamala Harris Pertama Kali Hadiri Acara PBB

Kamala Harris menghadiri pertemuan tentang kesetaraan gender.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Wakil Presiden AS Kamala Harris
Foto: EPA-EFE/KEVIN DIETSCH
Wakil Presiden AS Kamala Harris

IHRAM.CO.ID, NEW YORK - - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, melakukan debut di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (16/3). Dia menghadiri pertemuan tentang kesetaraan gender. Harris menyatakan, demokrasi pada dasarnya bergantung pada pemberdayaan perempuan. Demokrasi pun secara global semakin di bawah tekanan besar.

“Status demokrasi juga sangat bergantung pada pemberdayaan perempuan. Bukan hanya karena pengucilan perempuan dalam pengambilan keputusan merupakan penanda demokrasi yang cacat, tetapi karena partisipasi perempuan memperkuat demokrasi," kata wakil presiden AS ini.

Dalam sebuah pernyataan video kepada Komisi ke-65 tentang Status Wanita, Harris menegaskan, AS akan bekerja untuk meningkatkan keduanya.  

“Demokrasi membutuhkan kewaspadaan terus menerus, perbaikan terus menerus. Ini adalah pekerjaan yang sedang berjalan. Dan hari ini, kita tahu bahwa demokrasi semakin berada di bawah tekanan besar," ujarnya.

Harris mengatakan, pemerintahan Presiden Joe Biden akan merevitalisasi kemitraan Washington dengan UN Women atau badan PBB yang didedikasikan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Pada pemerintahan mantan Presiden AS, Donald Trump, AS mendorong PBB menentang promosi hak dan kesehatan seksual dan reproduksi perempuan karena menganggapnya sebagai kode untuk aborsi. Keputusan itu menentang bahasa seperti itu dalam resolusi PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement