Rabu 21 Apr 2021 16:56 WIB

Jalan Peninggalan Romawi Ditemukan di Turki

Sebuah jalan berusia 2.000 tahun dari zaman Romawi telah ditemukan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
peninggalan Romawi (ilustrasi)
Foto: Egypttoday
peninggalan Romawi (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  ANKARA -- Kota bersejarah Diyarbakir, yang terletak di tenggara Turki, adalah rumah peninggalan kuno yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah. Baru-baru ini, sebuah jalan berusia 2.000 tahun dari zaman Romawi telah ditemukan.

Saat ini, penggalian untuk menggali jalan bersejarah Romawi itu sedang dilakukan di Amida Höyük, sebuah gundukan yang dikenal sebagai jantung provinsi Diyarbakir sekaligus menjadi nama kota Romawi yang bersejarah. Bersama dengan Amed yang disebut pada periode Asiria, dan Kurdi zaman modern.

Baca Juga

Amida Höyük adalah rumah bagi banyak peradaban seperti Hurri-Mitannis, Urartians, Assyria, Medes, Persia, Tigranes the Great's Kingdom of Armenia, Romans, Sassanids, Byzantines, Umayyads, Abbasids, Safavids, Ayyubid Dynasty, Marwanids, Seljuk, Artuqids dan Ottoman, seperti dilansir dari Daily Sabah.

Profesor Irfan Yıldız dari Dicle University memimpin penggalian di tengah langkah-langkah ketat melawan pandemi virus corona. "Data yang sangat menarik terus berdatangan dari sisi barat gundukan yang kami gali. Tekstur dan struktur jalan pada masa itu sudah mulai terlihat," kata Yildiz.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement