Pemerintah Diimbau Pastikan Calon Jamaah Haji RI Berangkat

Senin , 10 May 2021, 17:21 WIB Reporter :Febrianto Adi Saputro/ Redaktur : Muhammad Hafil
Pemerintah Diimbau Pastikan Calon Jamaah Haji RI Berangkat. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Pemerintah Diimbau Pastikan Calon Jamaah Haji RI Berangkat. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Arab Saudi akan menggelar ibadah haji tahun 2021 di bawah kondisi khusus. Anggota Komisi VIII DPR, Bukhori Yusuf menyambut baik adanya kabar tersebut.

 

Terkait

"Saya mendesak pemerintah untuk segera memastikan bahwa calon jamaah Indonesia mendapat izin dan kuota yang memadai," kata Bukhori kepada Republika, Senin (10/5).

Baca Juga

Ia mengatakan kabar pelaksanaan haji 1442 tersebut telah ditunggu-tunggu sejak dua setahun lalu. Tentu pelaksanannya dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan di masa pandemi.

Iya juga mendorong agar pemerintah Indonesia tetap berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi. Komunikasi dilakukan agar pemerintah segera mendapat kepastian kuota ibadah haji di tahun ini.

Juru Bicara Kementerian Haji dan Umroh mengumumkan pada Ahad (9/5), Arab Saudi akan mengadakan ibadah haji di bawah kondisi khusus. Hal ini dilakukan guna mengatasi penyebaran Covid-19.

"Otoritas kesehatan di Saudi terus mengamati situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keamanan semua orang," kata juru bicara dalam siaran pers, dilansir Al Arabiya, Senin (10/5).

Dia menambahkan untuk informasi lebih lanjut tentang rencana operasional haji tahun ini akan diumumkan nanti. Tahun lalu, Saudi hanya mengizinkan sejumlah kecil dari warga yang tinggal di Saudi dan yang memenuhi kriteria tertentu untuk berpartisipasi dalam haji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini