Kementerian Gandeng Saudia Airlines Rayakan Tahun Kaligrafi

Kamis , 03 Jun 2021, 15:53 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kementerian Gandeng Saudia Airlines Rayakan Tahun Kaligrafi. Foto: Saudi Arabian Airlines
Kementerian Gandeng Saudia Airlines Rayakan Tahun Kaligrafi. Foto: Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Arab Saudi bekerja sama dengan Saudia Airlines merayakan "Tahun Kaligrafi Arab". Kerja sama dilakukan dengan menempelkan logo kegiatan ini pada dua pesawat Boeing 787 Dreamliner.

 

Terkait

Pesawat tersebut akan berangkat dari ibu kota Saudi, Riyadh, serta Jeddah, menuju Bandara Heathrow di London dan Bandara Dubai di UEA.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Kamis (3/6) sebelum kedua pesawat tersebut lepas landas, ada sejumlah kegiatan di Bandara Internasional King Khalid dan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah.

Dua orang kaligrafer yang berada di aula bandara dan area boarding akan menuliskan nama-nama penumpang dalam bahasa Arab. Kaligrafi yang ditulis di boarding pass penumpang ini berperan sebagai kenang-kenangan.

Tak hanya itu, akan disediakan pula pertunjukan musik di kedua bandara. Pengantar publikasi dan buku mewarnai yang dihias dengan kaligrafi Arab juga dibagikan kepada penumpang di area boarding, lounge eksekutif, dan lounge Al-Fursan. Sementara itu, video pengantar dan desain kaligrafi Arab juga ditampilkan di layar informasi perjalanan di kedua pesawat.

Jahez Co., selaku mitra strategis prakarsa "Tahun Kaligrafi Arab", serta Raseel Union Co. akan mempersembahkan 600 suvenir dengan logo prakarsa tersebut kepada penumpang dua penerbangan Saudia. Souvenir itu diklaim mencerminkan kekayaan budaya Saudi.

"Tahun Kaligrafi Arab" diluncurkan kementerian pada tahun 2020 ini merupakan bagian dari inisiatif Program Kualitas Hidup dan Visi Kerajaan 2030. Kegiatan ini diperpanjang satu tahun ke depan, dengan tujuan memasukkan lebih banyak inisiatif dan proyek yang menggambarkan Arab Saudi mendukung seni kaligrafi arab.

Inisiatif ini bertujuan untuk menyoroti kaligrafi Arab sebagai seni tersendiri, menyebarkan budaya penggunaannya, serta meningkatkan praktiknya di dalam institusi dan di antara individu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini