Jumat 04 Jun 2021 15:21 WIB

FOZ Berupaya Turunkan Kemiskinan dengan Program Pemberdayaan

Masyarakat diberdayakan FOZ dalam berbagai sektor.

Forum Zakat melaksanakan kegiatan Konferensi Pers (Konpers) mengenai Musyawarah Nasional (Munas) FOZ Kesembilan di Kota Batu,
Foto: wilda fizriyani
Forum Zakat melaksanakan kegiatan Konferensi Pers (Konpers) mengenai Musyawarah Nasional (Munas) FOZ Kesembilan di Kota Batu,

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat Nasional (FOZ) berupaya menurunkan angka kemiskinan melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Masyarakat diberdayakan dalam berbagai sektor.

Ketua FOZ Bambang Suherman menjelaskan, pemberdayaan masyarakat itu akan bermuara pada kemandirian ekonomi sehingga secara perlahan mereka bisa terlepas dari jerat kemiskinan.Tak hanya di sektor ekonomi, program lain yang dilakukan organisasi pengelola zakat meliputi sektor pendidikan, kesehatan, dan sosial kemanusiaan yang berhubungan dengan agenda pembangunan nasional.

Baca Juga

Sebab kata dia, permasalahan kemiskinan tidak hanya bersumbu dari ekonomi tetapi aspek-aspek lain yang mesti disikapi secara menyeluruh."Kemiskinan tidak hanya mengenai persoalan ekonomi namun juga melibatkan banyak sektor lain seperti akses terhadap pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lain-lain," kata dia dalam munas ke-9, Jumat (4/6).

Bambang mengatakan FOZ telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung agenda pembangunan nasional dalam kurun waktu tiga tahun terakhir seperti penguatan kompetensi dan kapasitas amil zakat, pendampingan lembaga organisasi pengelola zakat (OPZ) untuk memastikan program pemberdayaan masyarakat berorientasi pada penurunan angka kemiskinan.

"Hingga menciptakan ekosistem gerakan zakat yang mendorong lahirnya banyak kolaborasi pemberdayaan masyarakat antar OPZ di berbagai daerah," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement