Selasa 08 Jun 2021 20:58 WIB

Wasekjen MUI: Dibukanya Akses ke Saudi tak Terkait Haji

Akses masuk 11 negara ke Arab Saudi tidak ada hubunganya dengan haji dan umrah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al- Thaqafi mengunjungi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Selasa (8/6). Setidaknya ada empat hal yang disampaikan Essam, termasuk terkait dengan masalah haji tahun 2021.
Foto:

Habib Ali menambahkan, belum diizinkannya sembilan negara masuk Saudi murni pertimbangan keselamatan bagi warga negara Indonesia dan juga warga setempat. Semua tidak ada hubungannya dengan politik luar negeri terutama dengan negara produsen vaksin.

"Di Saudi jangan pikir coronanya itu sederhana dan mereka yang mempertemukan antara keputusan Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia itu sama-sama memprioritaskan keselamatan dan kesehatan jamaah," katanya.

Habib Ali Hasan Bahar memastikan, pemerintah Saudi sangat menghargai keputusan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama untuk tidak menyelenggarakan ibadah haji tahun ini. Apalagi keputusan Menteri Agama Yaqut Cholio Qoumas itu berdasar pertimbangan keselamatan jamaah.

 

"Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama yang menyatakan tidak memberangkatkan haji tahun ini dan itu semuanya memprioritaskan keselamatan dan kesehatan calon jamaah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement