Jumat 25 Jun 2021 09:37 WIB

Senator AS Blokir Bantuan Ekonomi untuk Palestina

Pemblokiran dana menyebabkan penundaan rekonstruksi Palestina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Israel Gusur Warga Palestina
Foto: ap/reuters/berbagai sumber
Israel Gusur Warga Palestina

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Amerika Serikat James Risch terus memblokir bantuan ekonomi untuk Palestina senilai 50 juta dolar Amerika. Padahal Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah berjanji memberikan bantuan kepada Palestina.

Pemblokiran dana menyebabkan penundaan rekonstruksi vital sumber daya air dan jalan di Jalur Gaza akibat Perang 11 Hari pada Mei lalu. Setelah serangan itu, Blinken bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan berjanji bahwa Washington akan memberikan 75 juta dolar Amerika dalam pembangunan jangka panjang dan bantuan ekonomi kepada Palestina.

Baca Juga

Meskipun telah disetujui oleh Kongres, Risch menahan pendanaan pada bulan lalu. Dia mengklaim ingin memastikan dana tersebut tidak akan diberikan kepada Hamas. Menurut advokat untuk bantuan AS ke Palestina, pemblokiran dana ini bermotif politik.

Koalisi 145 anggota Kongres Demokrat yang dipimpin oleh Perwakilan Jamie Raskin mendesak Risch untuk melepaskan bantuan tersebut. Anggota parlemen, termasuk anggota Kongres Alexandria Ocasio-Cortez menulis kepada Risch meminta untuk melepaskan puluhan juta dolar dalam bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement