Rabu 14 Jul 2021 13:08 WIB

Stadion Croke Park Irlandia Jadi Tuan Rumah Idul Adha

Irlandia menggunakan Stadion Croke Park untuk perayaan Idul Adha

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Stadion Croke Park
Foto: About Islam
Stadion Croke Park

IHRAM.CO.ID, DUBLIN – Irlandia menggunakan Stadion Croke Park untuk perayaan Idul Adha, hari raya umat Islam. Ketua Dewan Perdamaian dan Integrasi Muslim Irlandia (IMPIC), Sheikh Dr. Umar al-Qadri, mengungkapkan rasa syukurnya Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) dan tim di Croke Park memberi kesempatan untuk berkumpul dan merayakan Idul Adha.

“Acara ini wujud dari niat baik masyarakat Irlandia yang bisa memperkuat hubungan antara IMPIC dan GAA,” kata Sheikh al-Qadri.

GAA mengumumkan markas besarnya akan menjadi tuan rumah shalat Idul Fitri pada Selasa 20 Juli di Stadion Croke Park. Stadion ini adalah rumah bagi organisasi olahraga dan budaya terbesar di Irlandia.

Presiden GAA, Larry McCarthy, mengatakan markas GAA sekali lagi menyambut anggota komunitas Muslim untuk perayaan mereka.  “Dengan Croke Park tidak dapat bermain untuk waktu yang lama tahun lalu, sungguh luar biasa bisa menjadi tuan rumah perayaan Idul Adha di stadion kami,” kata Presiden McCarthy.

“Kami semua senang permainan kami kembali dengan beberapa pendukung yang hadir dan kami juga sangat senang dapat menjadi tuan rumah perayaan Idul Fitri 2021,” tambahnya.

Dilansir About Islam, Rabu (14/7), Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah salah satu dari dua perayaan Islam yang paling penting bersama dengan Idul Fitri. Setelah shalat Idul Adha dan rangkaian ibadah lain, umat Islam akan melakukan ritual yang mengingatkan pengorbanan besar yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail demi Allah.

Hari Idul Adha juga menandai berakhirnya haji tahunan. Menurut laporan Pew Research Center 2016, diperkirakan populasi Muslim Irlandia mencapai sekitar 70 ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement