Jumat 16 Jul 2021 13:47 WIB

4 Keistimewaan Orang Dermawan

Orang yang dermawan akan senantiasa diliputi keberkahan dalam hidupnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Sedekah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Sedekah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang dermawan akan senantiasa diliputi keberkahan dalam hidupnya. Orang yang dermawan akan dicintai Allah SWT dan setiap orang. Diantara keistimewaan orang dermawan dijelaskan Rasulullah dalam wasiatnya kepada sahabat Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang dihimpun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syarani.

Dekat dengan rahmat Allah dan jauh dari siksaNya

يَا عَلِيُّ اَلسَّخِيُّ قَرِيْبٌ مِنَ اللهِ قَرِيْبٌ مِنْ رَحْمَتِهِ بَعِيْدٌ مِنْ عَذَابِهِ، وَالْبَخِيْلُ بَعِيْدٌ مِنَ اللهِ بَعِيْدٌ مِنْ رَحْمَتِهِ قَرِيْبٌ مِنْ عَذَابِهِ

Wahai Ali, orang yang dermawan itu dekat dengan Allah, orang yang dermawan itu dekat dengan rahmat Allah dan jauh dari siksa Allah. Sedangkan orang yang bakhil itu jauh dari Allah, orang yang bakhil itu jauh dari rahmat Allah dan dekat dengan siksa Allah.

 

Surga diciptakan untuk orang dermawan

يَا عَلِيُّ، لَمَّا خَلَقَ اللهُ الْجَنَّةَ قَالَتْ يَا رَبِّ لِمَ خَلَقْتَنِيْ قَالَ لِكُلِّ سَخِيٍّ وَتَقِيٍّ قَالَتْ رَضِيْتُ وَقَالَتِ النَّارُ يَا رَبِّ لِمَ خَلَقْتَنِيْ قَالَ لِكُلِّ بَخِيْلٍ وَمُتَكَبِّرٍ قَالَتْ أَنَا لَهَا

Wahai Ali, ketika Allah menciptakan surga, maka surga bertanya: Ya Rab, untuk apa aku diciptakan? Allah menjawab: Untuk tiap-tiap orang yang dermawan dan orang yang bertaqwa. Surga berkata: Aku ridho (untuk orang yang dermawan). Dan neraka pun bertanya: Ya Rabb, untuk apa aku diciptakan? Allah menjawab: Untuk orang yang bakhil dan takabur. Neraka pun berkata: Aku menang untuk keduanya (orang bakhil dan orang sombong)

Orang dermawan diselamatkan Allah

يَا عَلِيُّ، اِتَّقِ دَعْوَةَ السَّخِيِّ فَإِنَّهُ مَتَى عَثُرَ أَخَذَهُ اللهُ بِيَدِهِ

Wahai Ali, berhati-hatilah terhadap doanya orang-orang yang dermawan, maka sesungguhnya orang yang dermawan ketika ia tergelincir maka Allah yang menyelamatkannya.

Mendapat Sejuta Kebaikan

يَا عَلِيُّ، مَنْ أَطْعَمَ مُسْلِمًا بِطِيْبِ نَفْسٍ كَتَبَ اللهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ دَرَجَةٍ

Wahai Ali, barang siapa yang memberi makan seorang muslim dengan sukarela, maka Allah akan mencatat satu juta kebaikan untuknya, menghapus satu juta kejelekan, dan mengangkat seribu derajat untuknya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement