Muhammadiyah: Idul Adha di Rumah Wujud Ibadah

Senin , 19 Jul 2021, 18:54 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
 Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam acara silaturahmi yang digelar Unisa Yogyakarta secara daring, Senin (24/5)
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam acara silaturahmi yang digelar Unisa Yogyakarta secara daring, Senin (24/5)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak kaum Muslimin untuk mengisi Hari Idul Adha dengan melaksanakan ibadah di rumah. Imbauan ini disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, dengan merujuk pada pandemi Covid-19 saat ini yang masih dalam keadaan darurat.

 

Terkait

Imbauan tersebut juga merujuk pada pedoman tarjih Muhammadiyah dan fatwa organisasi-organisasi Islam di Indonesia maupun di dunia tentang beribadah di saat darurat.

Baca Juga

"Muhammadiyah mengajak agar kaum Muslimin untuk ber-Idul Adha di rumah saja sebagai wujud dari melaksanakan ibadah sekaligus mencegah darurat Covid-19," tutur Haedar dalam tayangan langsung virtual kanal youtube tvMu Channel, Senin (19/7).

Haedar menjelaskan, rumah dapat berfungsi sebagai mushala atau tempat melaksanakan sholat. "Tak kurang suatu apapun, kita bisa beribadah bersama anggota keluarga dengan khusyu dan hakekatnya kita mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus kita membina keluarga yang sakinah, serta mendidik generasi bangsa," ucapnya.