Selasa 03 Aug 2021 17:20 WIB

Turki Lahirkan Gym Box Portable

Pelatih pribadi di Ankara, Turki mengembangkan gym box portable.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
gym box portable
Foto: Anadolu Agency
gym box portable

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Pandemi Covid-19 membuat warga yang berolahraga ditempat tertutup seperti gym menjadi terganggu bahkan terhenti. Kondisi ini yang membuat pelatih pribadi di Ankara, Turki mengembangkan gym box portable.

Pelatih pribadi berusia 32 tahun bernama Metehan Ozturk merancang dan membangun wadah 2 meter dengan memiliki alat gym multi-fungsi di dalamnya. Ozturk mengatakan dengan adanya pandemi, persepsi tentang alam berubah dan menekankan bahwa orang selalu terjebak di dalam ruangan, di kantor, dan bahkan di kedai kopi, tetapi mereka menyadari bahwa berada di luar ruangan lebih berharga.

"Orang-orang mulai lebih menikmati bekerja di luar ruangan, terutama setelah pandemi karena risikonya lebih kecil dibandingkan dengan gym ber-AC," kata Ozturk dikutip dari Anadolu Agency.

Ozturk menjelaskan, box  tersebut adalah unit olahraga portabel yang menyimpan semua yang dibutuhkan seseorang untuk berlatihan. Profesional dan amatir juga dapat berlatih menggunakannya.

 

"Anda memasang kotak ke mobil apa pun dengan trailer dan membawanya ke tempat yang Anda inginkan latihan Anda. Dibutuhkan sekitar lima menit untuk menyiapkan semuanya dan kemudian hingga 15 orang dapat melakukan pelatihan mereka pada waktu yang sama," kata Ozturk.

Ozturk mengatakan selalu menjadi penggemar berolahraga di alam dengan murid-muridnya. Ide ini membuatnya mencari cara untuk melakukannya di luar ruangan dan mencari cara agar bisa membawa peralatan di luar setiap saat.

"Tidak ada gym portabel lain di sini di Turki. Ada juga beberapa contoh di seluruh dunia tetapi Anda tidak dapat memasang sebagian besar dari mereka ke mobil Anda dan membawanya ke mana pun kapan pun Anda mau. Latihan ini sama efektifnya dengan latihan di gym biasa," kata Ozturk.

Menurut Ozturk, box portabel ini membantu murid-muridnya melakukan pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) selama 50 menit di dalam kotak. "Anda mulai membakar lebih banyak lemak dalam latihan di luar ruangan dibandingkan dengan di gym dalam ruangan dalam latihan ini karena Anda mengonsumsi lebih banyak energi dan tubuh Anda membawa lebih banyak oksigen sehingga lemak lebih cepat terbakar," katanya.

Latihan di dalam kotak portabel ini pun dinilai menarik bagi semua orang karena berorientasi pada waktu dan orang-orang berusaha maksimal. Ozturk mengatakan ketika pertama kali menemukan ide untuk membuat kotak, rekan-rekannya tidak mendukung ide tersebut. Mereka mengatakan orang tidak akan pernah keluar dari zona nyaman, meninggalkan gym ber-AC dan dilengkapi dengan baik untuk berlatih di luar.

"Namun virus korona membalikkan keadaan dan sekarang orang lebih suka berada di luar daripada terjebak di dalam rumah," kata Ozturk

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement