Kamis 05 Aug 2021 20:02 WIB

Keutamaan Puasa Muharram, Ini Penjelasannya

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia dalam Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Awal bulan baru kalender Hijriyah didasarkan pada pergerakan bulan. Ilustrasi
Foto: .
Awal bulan baru kalender Hijriyah didasarkan pada pergerakan bulan. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia dalam Islam. Bulan agung dan utama ini disebut juga sebagai syahrullah yang artinya bulan Allah. Karena itu, banyak umat Islam yang berpuasa pada bulan Muharram. 

Berdasarkan kalender hijriyah, Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443H tahun ini jatuh pada hari Selasa 10 Agustus 2021. Namun, pemerintah Indonesia menggeser menggeser hari libur tahun baru Islam tersebut menjadi 11 Agustus 2021. 

Baca Juga

Keutamaan bulan Muharram ini berada di urutan kedua setelah bulan Ramadhan, selanjutnya baru disusul bulan-bulan lainnya, yaitu Rajab, Dzulqo’dah, dan Dzulhijjah. Berdasarkan hadits nabi, puasa di bulan Muharram adalah paling utama setelah puasa Ramadhan.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الصَّلاَةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وَأَىُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ :« أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِى جَوْفِ اللَّيْلِ ، وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صَوْمُ الْمُحَرَّمُ ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِى الصَّحِيحِ عَنْ زُهَيْرِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ جَرِيرٍ .

 

"Dari sahabat Abu Hurairah ra. Dia berkata, Rasulullah Saw ditanya, Shalat apa yang paling utama setelah sholat maktubah? Dan puasa apa yang paling utama seletah puasa Ramadhan? Lalu beliau menjawab, sholat yang paling utama setelah sholat maktubah ialah sholat di tengah malam dan puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan ialah puasa di bulan Muharram." (HR. Muslim). 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement