Jumat 06 Aug 2021 13:38 WIB

MUI: Hidupkan Tahun Baru Islam Dengan Patuhi Prokes

Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat dimuliakan Allah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Tahun baru Islam
Foto: moroccomuslimnews
Tahun baru Islam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari lagi umat Muslim di seluruh dunia akan memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah. Banyak orang yang telah mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan yang penuh kemuliaan itu. Wakil Ketua komisi dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Misbahul Munir Kholil mengatakan memperingati tahun baru Islam merupakan hal yang sangat baik karena itu bagian dari syiar Islam.

Menurutnya terdapat tanda kebesaran dan kebenaran Islam dibalik peringatan tahun baru Islam. Kiai Misbah menjelaskan bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat dimuliakan Allah. Tentang mulianya bulan Muharram juga ditegaskan Rasulullah dalam haditsnya.

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, kiai Misbah berharap tidak menyurutkan semangat umat Muslim khususnya di Indonesia untuk menghidupkan pergantian tahun batu Islam dan mengisi Muharram dengan berbagai kegiatan ibadah namun tetap mematuhi protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 sesuai yang diatur pemerintah. Menurut kiai Misbah salah satu yang bisa dilakukan untuk mengisi momentum pergantian tahun baru Islam adalah dengan mengikuti pengajian virtual atau pun istighosah virtual.

"Manfaatnya banyak sekali memperingati tahun baru Islam. Karena situasi sekarang musim pandemi, ya kita tetap meramaikan mensyiarkan bulan Muharram dengan berbagai kegiatan yang tidak melanggar apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Hidupkan dengan pengajian, zikir, doa awal dan akhir tahun, kita bisa siasati dengan online," kata kiai Misbahul kepada Republika pada Jumat (6/8).

Menurut kiai Misbahul salah satu ibadah yang sangat bagus dan dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Muharram adalah berpuasa sunnah. Kiai Misbahul mengatakan umat Muslim dapat menambah pahala di awal tahun dengan berpuasa terutama pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Selain itu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan adalah memperbanyak bersedekah terutama pada 10 Muharram.

"Saya berharap tingkatkanlah kepedulian saat pandemi ini khususnya tanggal 10 Muharram. Hidupkan dengan kita kasih sedekah kepada anak yatim, orang yang tidak mampu. Sebagaimana keterangan siapa yang meluaskan rezekinya pada 10 Muharram Allah akan melapangkan rezekinya setahun," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement