Mesir Restorasi Jejak Keturunan Nabi Muhammad SAW

Sabtu , 07 Aug 2021, 02:57 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Nafisa di Kairo, Mesir.
Masjid Nafisa di Kairo, Mesir.

Sayyida Nafisa adalah cicit Muhammad dan seorang sarjana dan guru Islam yang tinggal di Kairo di kemudian hari. Sayyida Zeinab adalah cucu perempuan Muhammad dan diyakini telah menemani saudara laki-lakinya Hussein ke Karbala, di mana dia dibunuh pada tahun 680.

 

Terkait

Masjid Sayyida Zeinab di Kairo dikatakan telah dibangun di atas jenazahnya, meskipun orang-orang Syiah percaya dia dimakamkan di sebuah kuil dekat Damaskus, Suriah. Hussein dipenggal, dan dikatakan bahwa pada tahun 1153, kepalanya dibawa ke Kairo, di mana sebuah makam dibangun untuk menampungnya. 

Abdel Rahim Rihan, selaku Direktur Jenderal Penelitian, Studi Arkeologi dan Penerbitan Ilmiah di Sinai Selatan Kementerian Pariwisata Mesir, menyampaikan, arahan Sisi untuk memulihkan dan merenovasi tempat-tempat suci akan meningkatkan nilai tempat-tempat tersebut. Juga berkontribusi untuk merevitalisasi wisata religi di Mesir.

"Kepentingan negara dalam mengembangkan atraksi-atraksi ini dan memfasilitasi akses ke sana akan membuat Mesir menjadi tujuan wisata religi bagi peziarah Muslim dan Kristen dari seluruh dunia," ucapnya.