Sabtu 14 Aug 2021 05:41 WIB

Keutamaan Membaca Surat Ad Dukhan dan Al Mulk

Allah mengampuni dosa-dosa orang itu dan menjauhkannya dari azab kubur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Surat Ad Dukhan dan surat Al Mulk mempunyai keutamaan luar biasa bagi orang yang istiqamah membacanya. Dua surat ini sama-sama tergolong surat Makkiyah. Surat Ad Dukhan terdiri dari 59 ayat sedangkan surat Al Mulk terdiri dari 30 ayat.

Membaca surat Ad Dukhan dan surat Al Mulk secara istiqamah pada malam Jumat merupakan kesunahan sebagaimana diajarkan Rasulullah. Sebab dibalik itu terdapat fadilah surat Ad Dukhan dan Al Mulk bagi orang yang membacanya.

Ini sebagaimana yang diwasiatkan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan di dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

وَمَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الدُّخَانِ وَسُوْرَةَ الْمُلْكِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ غَفَرَ اللهُ ذُنُوْبَهُ وَكُفِيَ فِتْنَةُ الْقَبْرِ

Dan barangsiapa yang membaca surat Ad Dukhan dan surat Al Mulk pada malam Jumat, maka Allah mengampuni dosa-dosa orang itu dan menjauhkannya dari azab kubur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement