Istana Jabra, Landmark Tertua di Jazirah Arab

Sabtu , 14 Aug 2021, 18:10 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Istana Jabra, Landmark Tertua di Jazirah Arab
Istana Jabra, Landmark Tertua di Jazirah Arab

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Taif kaya akan landmark bersejarah, dan warisan yang menonjolkan status kegubernuran, sebagai salah satu kota tertua di Kerajaan serta kawasan secara keseluruhan.

 

Terkait

Dilansir dari laman Arab News pada Sabtu (14/8), Istana Jabra, di timur laut kegubernuran, dianggap sebagai salah satu landmark tertua di Jazirah Arab karena konstruksinya sudah berusia lebih dari 1.300 tahun. Istana ini berdiri di atas bukit yang menghadap ke banyak pertanian dan kebun subur di lereng Wadi Jabra, itu penuh dengan aliran deras saat hujan dan menerima air dari lokasi yang jauh.

Baca Juga

Istana mempertahankan keindahan prasasti Islam dan warisan arsitektur yang kaya. Itu dinamai Jabra dari suku Makhzoum, istri Pangeran Mohammed bin Hisyam, salah satu pangeran selama era Umayyah dan gubernur Makkah pada saat itu.

Istana ini terdiri dari dua lantai, aula besar dan pintu masuk yang dihiasi ornamen indah, dengan air mancur di tengah halamannya.

Terlepas dari usianya, istana ini masih mempertahankan bentuk dan gaya konstruksinya. Di tempat ini juga banyak prasasti di dinding dan langit-langitnya, dan mewujudkan gaya arsitektur terkemuka yang menggabungkan konstruksi Islam, Romawi, dan tradisional Hijaz. Arsitektur ini mencakup batu, plesteran, dan batu bata dengan berbagai bentuk dan ukuran, sementara lobi istana menceritakan kisah sejarah yang kaya yang membentang selama berabad-abad.

Istana Jabra telah menarik perhatian penyair dan penulis selama berabad-abad, karena keindahan konstruksi, prasasti serta lokasinya yang istimewa. Selain itu juga disebutkan dalam banyak puisi Arab kuno.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini