Rabu 25 Aug 2021 04:48 WIB

Masjid Pertama Oman Gunakan Tenaga Surya

Masjid Hasan bin Tabith di Seeb Oman gunakan tenaga surya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Panel energi tenaga surya. (ilustrasi)
Foto: ABC News
Panel energi tenaga surya. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,SEEB -- Masjid Hasan bin Tabith di Seeb Oman siap menjadi masjid pertama di Kesultanan yang menggunakan tenaga surya.

Dilansir dari laman Omanobserver pada Selasa (24/8), Proyek ini merupakan bagian dari program energi terbarukan "Masjid Hijau" yang diluncurkan oleh Perusahaan Amana Waqf Funds Management, bekerja sama dengan perusahaan energi dan lembaga keuangan syariah, Authority for Public Services Regulation (APSR).

Baca Juga

Proyek yang mengurangi konsumsi listrik dan biaya operasional ini sejalan dengan arahan Visi Oman 2040 untuk mencapai sekitar 30 persen kebutuhan energi Kesultanan dari sumber terbarukan. Menurut statistik National Centre for Statistics and Information (NCSI), kesultanan ini memiliki 16.464 masjid dengan berbagai ukuran pada 2019.

"Program ini akan berkontribusi dalam mendukung rencana Kesultanan untuk mempromosikan energi terbarukan," kata Ketua APSR, Dr Mansour bin Thalib al Hinai.

 

"Inisiatif Masjid Hijau sangat praktis dan juga ekonomis karena biaya teknologi ini terus menurun sambil meningkatkan efektivitasnya," lanjutnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement