Kamis 02 Sep 2021 14:24 WIB

Pemerintah Pertimbangkan Sikap Usai Bertemu Taliban

Hasil pertemuan dengan Taliban di Qatar akan jadi pertimbangan sikap Indonesia

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Foto: AP/Jose Luis Magana/FR159526 AP
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan telah bertemu dengan perwakilan Taliban di Doha, Qatar. Hasil pertemuan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pemerintah Indonesia untuk mengambil sikap terkait Afganistan.

"(Tujuan pertemuan) antara lain untuk melakukan compare (perbandingan) mengenai situasi Afganistan saat ini dan proyeksi ke depan. Sehingga akan memudahkan kita untuk mengambil keputusan ke depan," ujar Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, Kamis (2/9).

Ia menyampaikan, ada beberapa pesan yang disampaikan atas nama Indonesia kepada Taliban. Khususnya agar sebisa mungkin membentuk pemerintahan yang inklusif.

"Kedua, pentingnya jaminan bahwa Afganistan tidak akan digunakan sebagai breeding and training ground bagi aktivitas kelompok teroris," ujar Retno.

 

Selanjutnya, ia meminta adanya penghormatan terhadap hak-hak untuk perempuan. Retno juga menjelaskan, tujuan Indonesia berperan dalam pembangunan Afganistan semata untuk mencapai stabilitas keamanan.

"Kami juga menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki fasted interest di Afganistan, satu-satunya keinginan di Indonesia adalah melibat Afganistan yang damai, stabil, dan makmur," ujar Retno.

Sebelumnya, Retno bertolak ke Doha, Qatar, pada Kamis (26/8). Dalam kunjungan tersebut, Menlu Retno bertemu dengan Perwakilan Kantor Taliban.

"Di sela-sela kunjungan saya ke Qatar, saya juga bertemu dengan Perwakilan Kantor Politik Taliban di Doha (26/08)," kata Menlu Retno melalui akun resmi Twitternya.

Dalam kesempatan bertemu dengan Taliban, Menlu Retno menyampaikan kepada Taliban sejumlah hal. Pertama, Indonesia meminta Taliban menjalankan pemerintahan inklusif di Afghanistan, kemudian menghormati hak-hak perempuan.

"Saya menekankan kepada Taliban untuk memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang biaknya organisasi dan kegiatan teroris," ujar Menlu Retno.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement