Jumat 03 Sep 2021 09:55 WIB

Thailand Garap Serius Produk Halal Berorientasi Ekspor

Thailand merupakan salah satu pengekspor produk halal terbesar di dunia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Muslim Bangkok menjalankan ibadah Shalat Id di Islamic Center Thailand, Ahad (24/5).
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Muslim Bangkok menjalankan ibadah Shalat Id di Islamic Center Thailand, Ahad (24/5).

IHRAM.CO.ID, BANGKOK -- Pendapatan Thailand dari ekspor halal ditargetkan naik lima persen pada 2021. “Saya yakin Thailand akan menjadi pusat terkemuka untuk produk halal dan menangkap bagian yang lebih besar dari pasar halal global,” kata Director of Thai Trade Centre Dubai, Panot Punyahotra, dikutip Iqna, Kamis (2/9).

Thailand merupakan salah satu pengekspor produk halal terbesar di dunia dan memproduksi beragam produk halal. Mulai dari makanan, minuman, kosmetik, farmasi, barang konsumsi, daging, pupuk, pakan ternak, dan lain-lain.

Baca Juga

Punyahotra mengatakan dengan sejarah panjang di industry agri-food, food processing dan non-food, serta keahlian dalam sertifikasi halal internasional, Thailand berpotensi besar untuk memiliki pangsa pasar halal global yang lebih besar.

Melalui dukungan pemerintah Thailand, produsen dan eksportir makanan Thailand memiliki dukungan kelembagaan yang kuat untuk mendorong pengembangan kapasitas di bidang-bidang penting, seperti kebersihan makanan internasional dan standar halal, inovasi, pemasaran, dan bantuan untuk perusahaan kecil dan menengah.

Menurut State of the Global Islamic Economy Report 2020, industri halal global diperkirakan bernilai sekitar 2,3 triliun dolar Amerika dan tumbuh pada tingkat perkiraan tahunan sebesar 20 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement