Senin 06 Sep 2021 16:07 WIB

Junta Myanmar Setuju Gencatan Senjata untuk Distribusi Bantu

Kekerasan Myanmar telah menyebabkan ratusan orang terbunuh.

Junta Myanmar Setuju Gencatan Senjata untuk Distribusi Bantu. Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan di luar dermaga Dala di Yangon, Myanmar Selasa, 27 Juli 2021.
Foto: AP/AP
Junta Myanmar Setuju Gencatan Senjata untuk Distribusi Bantu. Orang-orang memakai masker saat mereka berjalan di luar dermaga Dala di Yangon, Myanmar Selasa, 27 Juli 2021.

IHRAM.CO.ID, NAYPYITAW -- Junta Myanmar menyetujui seruan ASEAN untuk melakukan gencatan senjata hingga akhir tahun demi distribusi bantuan kemanusiaan. "Yang kami serukan saat ini adalah agar semua pihak menghentikan kekerasan, terutama yang berkaitan dengan distribusi bantuan kemanusiaan," kata Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar, seperti dikutip Kyodo.

Menyusul kudeta militer pada Februari di Myanmar, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah berusaha mengakhiri kekerasan di Myanmar. Kekerasan telah menyebabkan ratusan orang terbunuh.

Baca Juga

ASEAN juga berupaya membuka dialog antara para penguasa militer Myanmar dengan lawan-lawan politik mereka. Dalam konferensi video Erywan mengusulkan gencatan senjata dengan Menteri Luar Negeri Wunna Maung Lwin.

Militer telah menerima usulnya. "Ini bukan gencatan senjata politik. Ini adalah gencatan senjata untuk memastikan keselamatan, (dan) keamanan pekerja bantuan kemanusiaan dalam upaya mereka mendistribusikan bantuan dengan aman," kata Erywan, Ahad (5/9).

"Mereka (militer Myanmar) tidak memiliki perbedaan pendapat dengan apa yang saya katakan, sehubungan dengan gencatan senjata," kata dia.

Erywan juga telah menyampaikan usulannya secara tidak langsung kepada partai-partai yang menentang kekuasaan militer. Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan Reuters untuk dimintai komentar.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada Sabtu (6/9), Erywan mengatakan dia masih bernegosiasi dengan militer Myanmar mengenai persyaratan kunjungan yang dia harapkan terlaksana sebelum akhir Oktober. Dia juga telah mencari akses untuk bertemu pemimpin Myanmar yang dilengserkan, Aung San Suu Kyi.

Negara-negara anggota ASEAN dan para mitra dialognya telah menjanjikan bantuan sebesar delapan juta dolar AS untuk Myanmar. Militer merebut kekuasaan setelah menuduh adanya penyimpangan dalam pemilihan umum yang dimenangkan oleh partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi. Pemantau internasional dan komisi pemilihan umum Myanmar pada saat itu mengatakan tuduhan militer itu salah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement