Kamis 16 Sep 2021 17:17 WIB

KH Hasyim Zaini, Teladan Akhlah dari Nurul Jadid (III)

KH Hasyim Zaini merupakan sosok ulama yang sangat mengutamakan akhlaq al-karimah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Jawa Timur
Foto:

Akhlak mulia Kiai Hasyim juga tampak dari perilaku sehari-hari. Jika ada seorang tamu yang menunduk di hadapannya, sang kiai akan lebih menundukkan kepalanya daripada si tamu. Saat tamunya akan pulang, ia juga selalu mengantarkanya sampai ke gerbang.

Setelah tamu hilang dari pandangan mata, barulah dirinya masuk ke rumah. Dalam tiap perjalanan, misalnya, ketika berpapasan dengan seseorang yang dikenal, Kiai Hasyim akan memilih berhenti. Lantas, ia turun dari kendaraan dan menghampiri orang tersebut untuk berjabat tangan sembari menanyakan kabarnya.

Pengakuan tentang kemuliaan akhlak dan kelembutan hati Kiai Hasyim telah diakui kalangan ulama. Sebut saja KH Mahrus Ali, Habib al-Imam bin Abdullah al- Ala wiy, atau KH Hasan Saiful Rijal dari Pesantren Zainul Hasan Genggong.

 Di antara nasihat-nasihat sang kiai kepada para santrinya ialah, Orang yang temperamental mungkin akan berhasil, tetapi sedikit temannya. Sementara, orang yang berakhlakul karimah dan lembut akan berhasil dan banyak temannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement