Arab Saudi Kembangkan The Arabian Highland

Rabu , 29 Sep 2021, 17:55 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Kembangkan <em>The Arabian Highland</em>. Foto: Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Arab Saudi melakukan inventarisasi pada 229 pohon tua dan langka di Asir.
Arab Saudi Kembangkan The Arabian Highland. Foto: Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Arab Saudi melakukan inventarisasi pada 229 pohon tua dan langka di Asir.

IHRAM.CO.ID,  ASIR—Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah meluncurkan proyek pariwisata senilai SR50 miliar (Rp 190 triliun) untuk Asir demi menarik lebih dari 10 juta wisatawan dari dalam maupun luar negeri pada 2030. Proyek yang bertema ‘The Arabian Highland’ itu diharapkan dapat menjadi kebangkitan pembangunan yang komprehensif dan menjadi yang tertama di wilayah tersebut.

 

Terkait

Investasi 50 miliar Riyal tersebut termasuk proyek pembiayaan dan pengembangan tempat wisata di puncak pegunungan Asir untuk mengubah provinsi ini menjadi tujuan wisata sepanjang tahun. Proyek-proyek tersebut akan mengandalkan kekuatan budaya dan alam daerah yang menggabungkan “keaslian dan modernitas,” dan membantu memajukan pertumbuhan sosial dan ekonomi di wilayah tersebut.

Baca Juga

Putra mahkota, yang juga ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan, mengatakan proyek itu bertujuan untuk memanfaatkan potensi pariwisata yang sangat besar di kawasan itu, termasuk keragaman geografis dan alam, serta kekayaan budaya dan warisan. Strategi tersebut berupaya untuk menarik investasi lokal dan asing dan membantu menjadikan pariwisata dan budaya sebagai pendorong utama pembangunan ekonomi Asir.

Proyek itu ditargetkan akan membantu memberikan kesempatan kerja baru, meningkatkan kualitas hidup, dan meningkatkan layanan dasar dan infrastruktur di wilayah tersebut. Gubernur Asir, Pangeran Turki bin Talal bin Abdulaziz mengucapkan terima kasih kepada putra mahkota atas dukungan berkelanjutan dan perhatiannya untuk wilayah Asir dan rakyatnya.

Strategi tersebut diluncurkan melalui kerja sama antara Development Authorities Support Office dan Asir Development Authority, bekerja sama dengan Boston Consulting Group yang berbasis di AS. Diskusi telah dilakukan antara penduduk setempat, pakar dan perusahaan swasta untuk mengembangkan rencana umum.

Wilayah ini terletak di barat daya Kerajaan dan membentang 125 kilometer di sepanjang pantai Laut Merah. Memiliki luas sekitar 80.000 kilometer persegi dan gunung tertingginya, Gunung Sawda, berada di ketinggian 3.015 meter di atas permukaan laut. Asir berbagi perbatasan dengan lima wilayah lain di Kerajaan dan memiliki perkiraan populasi lebih dari 2,3 juta orang.

Wilayah ini memiliki dua bandara, termasuk Bandara Internasional Abha, dan dua universitas — Universitas Raja Khalid dan Universitas Bisha. Universitas King Khalid terlibat dalam strategi ini karena pentingnya pembangunan dan kemanusiaan. Rencananya, bandara Abha akan diperluas untuk menangani 10 juta penumpang per tahun.

Sumber: https://www.arabnews.com/node/1937166/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini