Rabu 29 Sep 2021 12:28 WIB

Dibalik Mural Gadis Muslimah Bermain Skateboard di Inggris

Mural gadis muslimah bermain skateboard merupakan pemandangan yang tidak biasa

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Mural gadis muslimah bermain Skateboard
Foto: About Islam
Mural gadis muslimah bermain Skateboard

IHRAM.CO.ID, BIRMINGHAM -- Sebuah mural menampilkan sosok gadis muslimah yang tengah bermain skateboard. Ini merupakan pemandangan yang tidak biasa yang memberikan isyarat baik untuk mendobrak hambatan sosial di Birmingham, Inggris.

"Saya sedang melukis di George's Park ketika saya melihat gadis Muslim muda ini meluncur melewati saya,” kata Bunny Bread dilansir dari About Islam, Rabu (29/9).

Bunny membuat mural tersebut sebagai bagian dari program Punch Record GALLERY37. Karyanya ini adalah salah satu dari beberapa mural yang menggugah pikiran yang tersebar di sekitar Lozells.

Pada muralnya, Bunny juga menyertakan kode QR unik yang dapat dipindai oleh orang yang lewat melalui ponsel mereka. Kode QR tersebut akan membawa mereka mengunjungi situs web yang menceritakan kisah latar belakang setiap mural.

Bunny bekerja sama dengan seniman Jason Caballero, dan Simone Linton untuk proyek 'DOWNLOW'. Menurutnya akan ada 10 mural yang terinspirasi dari kehidupan nyata pada Oktober mendatang.

Proyek DOWNLOW bertujuan untuk menangkap esensi komunitas Lozells dan "menghidupkan kembali" area pasca-lockdown yang menghubungkan dengan penduduk setempat, sekolah, dan bisnis.

“Saya terkesan dengan karya luar biasa dari Bunny dan tim kreatifnya,” kata Lozem Zaffar, anggota kabinet untuk transportasi dan lingkungan.

“Menyatukan beragam komunitas Lozells dan menggunakan seni sebagai kendaraan untuk perubahan," tambahnya.

Latar belakang pembuatan mural sendiri berawal ketika Bunny tidak sengaja melihat gadis muslim yang tengah bermain skateboard. Menurutnya ini sesuatu yang menarik dan harus ditunjukkan maka Bunny pun meminta izin gadis muda tersebut dan orangtuanya.

"Saya berpikir ini wow, itu bukan sesuatu yang bisa sering Anda lihat, saya bertanya tentang skating dan dia bilang dia sudah berlatih selama tujuh bulan," kata Bunny.

Ibu gadis muda tersebut datang dan ia mulai mengobrol tentang gadis-gadis Muslim yang melakukan hal-hal yang biasanya tidak dianggap standar bagi mereka.

“Saya memberitahu mereka bahwa saya ingin melakukan interpretasi tentang dia jika keluarga setuju, dan mereka menyetujuinya. Satu-satunya syarat adalah saya tidak menunjukkan wajahnya, itulah sebabnya dia memalingkan muka di mural," tutur Bunny.

Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di kota Birmingham yang beragam budaya. Ada 301 ribu Muslim di Birmingham pada 2018, yang merupakan 27 persen dari populasi lokal. Jumlah Muslim telah meningkat sebesar 21 persen dari 249.000 pada tahun 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement