Kamis 30 Sep 2021 05:45 WIB

BI Beijing Gagas Pendirian Masyarakat Ekonomi Syariah

Selain busana Muslim, beberapa produk halal dari China diekspor ke Indonesia

Ekonomi Masyarakat Ekonomi Syariah
Foto: republika.co.id
Ekonomi Masyarakat Ekonomi Syariah

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Beijing Arief Hartawan menggagas pendirian Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di China.

"Mengingat China merupakan produsen pakaian Muslim terbesar di dunia, kami menginisiasi pembentukan MES," ujarnya di Beijing, Rabu (29/9).

Busana Muslim yang dibuat di China, jelas dia, banyak yang diekspor ke Indonesia. "Seperti kita ketahui bersama, Indonesia itu pasar busana Muslimnya sangat besar," kata Arief.

Selain busana Muslim, beberapa produk halal dari China, seperti bahan kosmetik, juga diekspor ke Indonesia."Kami sudah siapkan mekanismenya," ujarnya.

MES merupakan organisasi nirlaba yang memiliki tujuan mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dalam laman resminya, MES menjadi wadah inklusif dalam menghimpun seluruh sumber daya yang ada dan membangun sinergi antarpemangku kepentingan.

Dalam tiga tahun keberadaannya di Beijing, BI telah berhasil mencapai kesepakatan dengan bank sentral China (PBOC) dalam penyelesaian transaksi bilateral (LCS) dengan menggunakan mata uang rupiah dan yuan. Berdasarkan kesepakatan LCS tersebut, transaksi keuangan untuk berbagai keperluan antara Indonesia dan China tidak lagi menggunakan mata uang dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement