Selasa 05 Oct 2021 06:14 WIB

Membimbing Orang yang akan Meninggal Mengucap Tahlil

Manusia yang akhir ucapannya mengucap Laa Ilaaha Illallah maka ia pasti masuk surga.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Meninggal dunia (ilustrasi)
Foto: Mardiah Diah
Meninggal dunia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Ketika ada seorang Muslim yang sedang menghadapi sakaratul maut maka ada kesunahan bagi Muslim lainnya untuk membimbing mengucapkan kalimat tahlil yaitu lafadz :

لَااِلَهَ اِلَّا اللَّهُ

(Tiada tuhan selain Allah)

Ini merupakan sunah yang diajarkan Rasulullah agar mengantarkan orang yang meninggal mencapai khusnul khotimah. Dalam sejumlah riwayat dijelaskan pada saat sakaratul maut maka setan datang dan membuat tipu daya sehingga orang yang akan meninggal melupakan Allah. Setan membujuk dan merayu orang yang meninggal untuk mengakui bahwa setan adalah penolongnya.

 

Oleh karena itu sunah untuk membimbing orang yang akan meninggal mengucapkan tahlil. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab at Targib wat Tarhib.

كَانَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :يَأْمُرُبِتَلْقِيْنَ الْمُخْتَضَرِلَااِلَهَ اِلَّا اللَّهُ وَيَقُوْلُ زَوِّدُزْامَوْتَاكُمْ لَا اِلَهُ اِلَّا اللَّهُ فَاِنَّ مَنْ كَانَ اَخِرُكَلَا مِهِ لَا اِلَهَ اِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ.

Rasulullah Saw memerintahkan untuk menuntun orang yang akan meninggal dengan kalimat Laa Ilaaha Illallah. Dan bersabda nabi, bekalilah oleh kalian semua kepada orang-orang yang akan meninggal dengan kalimat Laa Ilaaha Illallah. Karena sesungguhnya manusia yang akhir ucapannya mengucap Laa Ilaaha Illallah maka ia pasti masuk surga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement