Rabu 06 Oct 2021 13:53 WIB

Khawatir Taliban, 101 Musisi Afghanistan Melarikan Diri

Mereka mendarat di Doha, Qatar, pada Ahad malam (3/10).

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Khawatir Taliban, 101 Musisi Afghanistan Melarikan Diri. Anggota Taliban duduk di depan mural yang menggambarkan seorang wanita di balik kawat berduri di Kabul, Afghanistan, Selasa, 21 September 2021.
Foto:

Selanjutnya, para gadis dan wanita itu diberitahu mereka tidak dapat meninggalkan negara itu dengan 'paspor dinas' sementara mereka. Paspor dinas itu biasanya diberikan kepada pejabat.

"Pemahaman saya itu bukanlah betapa banyak dari jenis paspor itu, tetapi gadis-gadis itu melarikan diri dari negara itu," kata Sarmast, dilansir di The New Arab, Rabu (6/10).

Tidak hanya itu, para pejabat Qatar berhasil menegosiasikan perjalanan mereka. Ketika penerbangan akhirnya lepas landas beberapa jam kemudian dengan para musisi, termasuk banyak dari orkestra Zohra yang semuanya perempuan, Sarmast mengatakan dia diliputi emosi.

"Saat itu banyak air mata. Saya menangis tanpa henti. Keluarga saya menangis bersama saya. Itu adalah momen paling bahagia sepanjang hidup saya," ujarnya.

Sarmast mengungkapkan dia telah menjalani banyak momen tak terlupakan bersama murid-muridnya. Murid-muridnya telah memenangkan tepuk tangan meriah dalam tur konser internasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement