Rabu 06 Oct 2021 21:22 WIB

500 UMKM di Jateng Didorong Dapatkan Sertifikasi Halal

Sertifikat halal bagi UMKM sangat penting untuk menunjang kegiatan wisata.

500 UMKM di Jateng Didorong Dapatkan Sertifikasi Halal
Foto: republika.co.id/antara
500 UMKM di Jateng Didorong Dapatkan Sertifikasi Halal

IHRAM.CO.ID, SEMARANG -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendorong pelaksanaan sertifikasi halal untuk produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Melalui Dinkop UKM Jateng, kami dorong UMKM mendapatkan sertifikasi halal, targetnya untuk tahun ini ada 500 UMKM yang didampingi dan sudah terlaksana. Tempat pelatihannya di Kota Semarang, Surakarta, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Banyumas," katanya, Rabu (6/10).

Baca Juga

Menurut Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng, sertifikat halal bagi UMKM ini sangat penting untuk menunjang kegiatan wisata di Jawa Tengah.

Pemprov Jateng telah memberikan pendampingan terhadap 500 UMKM melalui pelatihan sistem jaminan halal (SJH). "Fasilitasi SJH tersebut telah dilaksanakan secara bertahap untuk 2021 ini," ujarnya.

Selain wisata secara umum, Pemprov Jateng juga mendorong pertumbuhan wisata halal di 35 kabupaten/kota. "Dengan target pasar negara-negara mayoritas Muslim, maka wisata halal ini akan menjaring mereka untuk berwisata ke Jawa Tengah," katanya.

Gus Yasin juga mendorong percepatan rumah pemotongan hewan (RPH) halal melalui pelatihan penyembelih halal untuk menunjang adanya suplai bahan baku makanan untuk produk UMKM makanan atau restoran di Jateng. "Jadi memang kamisiapkan nanti dari hulu ke hilir, kami siapkan dulu mulai dari RPH halal. Dari situ untuk menunjang UMKM dan restoran dalam mengajukan sertifikat halal. Dan secara global, semuanya untuk menunjang wisata halal bagi turis-turis dari negara mayoritas Muslim," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement