Jumat 08 Oct 2021 11:33 WIB

Bertemu Dubes Saudi, Dirjen PHU Bahas Umroh

Pertemuan ini membahas penyelenggaraan ibadah umroh di masa pandemi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka
Foto: Al Arabiya
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief, bersilaturahim ke Kedutaan Besar Arab di Jakarta, Kamis (7/10). Kedatangan Hilman disambut Dubes Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Pertemuan ini membahas penyelenggaraan ibadah umroh di masa pandemi. Hadir mendampingi Hilman, Sesditjen PHU Ramadhan Harisman dan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid.

“Kepada Dubes, saya menyampaikan jamaah Indonesia sudah merindukan proses umroh yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan, untuk bisa melaksanakan ibadah umroh dan haji,” kata Hilman dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (8/10).

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan situasi penanganan Covid-19 di Indonesia yang terus membaik. Tren pandemi di hampir seluruh kota sudah menurun drastis.

Kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi disebut juga terus meningkat.

“Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jamaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umroh,” lanjutnya.

Hilman juga menyinggung soal mitigasi penyelenggaraan umroh di saat pandemi. Menurutnya, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umroh di saat pandemi.

Pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, maskapai penerbangan, serta instansi terkait lainnya, dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umroh di masa pandemi.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat semakin clear, skema tata cara, serta penanganan pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi bisa diterbitkan. Tentu dibutuhkan juga kedisiplinan jemaah dalam menaati prokes,” ucap dia.

Sebagai Dirjen PHU yang baru, ia menyebut akan berkoordinasi dengan semua stakeholders dalam waktu dekat, agar harapan bisa memberangkatkan jamaah umroh Indonesia bisa diakselerasi.

Hilman lantas mengapresiasi respon Dubes Saudi Essam bin Abed. Kepadanya, Essam juga menegaskan keinginan Pemerintah Saudi agar jamaah Indonesia bisa kembali menunaikan ibadah umroh.

Namun, di tengah pandemi, regulasi yang diterapkan sangat ketat demi kenyamanan dan keamanan jamaah yang datang dari berbagai negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement