Sabtu 23 Oct 2021 00:42 WIB

Melalui Pesantren, Bangsa Indonesia Sebarkan Islam

Peran pesantren selama ini juga telah memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Amany Burhanuddin Umar Lubis menyampaikan sambutan saat sidang Senat terbuka Pengukuhan Guru Besar di Auditorium Harun Nasution Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (2/9). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar sidang Senat terbuka pengukuhan Abdul Muti sebagai Guru Besar atau Profesor di Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI) mengangkat tema Pendidikan Agama Islam yang Pluralistis, Basisi Nilai dan Arah Pembaruan. Sidang tersebut dihadiri sejumlah tokoh yaitu mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi dan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Ia menjelaskan, tidak sedikit santri yang mendirikan pesantren setelah lulus dari pesantren. Mereka mengembangkan ilmu dan wawasan yang sudah didapat dari pesantren dengan mendirikan lagi pesantren.

"Untuk itu menjadi sangat monumental pemerintah Indonesia menjadikan satu peringatan Hari Santri Nasional (pada 22 Oktober)," ujarnya.

Prof Amany menambahkan, pesantren sudah lama dikenal sebagai lembaga yang menjalankan pendidikan, tapi untuk menghidupi pesantren dilakukan secara swadaya atau swakelola. Peran pemerintah di pesantren memang cukup besar membantu dalam beberapa segi, tetapi secara umum pesantren dikelola secara mandiri.

"Artinya (pesantren) bisa menghidupi pesantrennya sendiri, bahkan banyak sekali (orang tua) yang sengaja menitipkan putra dan putrinya di pesantren karena memang tidak punya kemampuan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah yang berbayar," jelasnya.

 

Ia menegaskan, di sinilah peran pesantren yang besar bagi bangsa Indonesia. Memiliki peran sosial dan peran pendidikan yang sangat tinggi di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement